5 Pemain Serie A yang Perkuat Serbia di Euro 2024

Salah satunya Dusan Vlahovic #EURO2024

Intinya Sih...

  • Serbia kembali ke Euro 2024 setelah 24 tahun absen, di grup C bersama Inggris, Denmark, dan Slovenia.
  • Pemain Serie A yang membela Serbia termasuk Nikola Milenkovic, Dusan Vlahovic, Vanja Milinkovic-Savic, Filip Kostic, dan Luka Jovic.
  • Vlahovic mencetak 16 gol dan 3 assist di Serie A musim 2023/2024, sementara Milenkovic-Savic tampil impresif sebagai penjaga gawang andalan Torino.

Serbia tampil untuk pertama kalinya di Euro 2024 sejak 24 tahun lalu. Datang sebagai underdog, skuad asuhan Dragan Stojkovic itu tergabung di Grup C bersama Inggris, Denmark, dan Slovenia.

Sejumlah pemain ternama tampak hilang dari daftar 26 pemain yang dipanggil. Beberapa di antaranya adalah Matija Nastasic, Mile Svilar, dan Marko Dmitrovic. Meski begitu, skuad yang dijuluki The Eagles tersebut masih diperkuat sejumlah pemain top. Beberapa di antara mereka adalah pemain yang merumput di Serie A Italia, seperti Dusan Vlahovic.

Untuk tahu siapa saja pemain Serie A yang perkuat Serbia di Euro 2024, simak selengkapnya di bawah ini! 

1. Nikola Milenkovic jadi bek andalan Serbia

5 Pemain Serie A yang Perkuat Serbia di Euro 2024Nikola Milenković, pemain Fiorentina dan Timnas Serbia (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Nikola Milenkovic sudah bermain di Serie A sejak 2017. Sebelum bergabung dengan Fiorentina, ia membela Partizan, yang merupakan klub di divisi utama Liga Serbia. Milenkovic memulai debutnya di tim nasional sejak 2018.

Bek yang memiliki tinggi 195 cm ini menjalani 34 pertandingan selama 2023/2024. Bersama Fiorentina, ia tampil di Serie A, Liga Konferensi, Piala Italia, Kualifikasi Liga Konferensi Eropa, dan Supercoppa Italiana. Kini, ia tengah berjuang bersama timnas di Euro 2024.

2. Dusan Vlahovic, penyerang muda Serbia yang produktif di Serie A

5 Pemain Serie A yang Perkuat Serbia di Euro 2024Dusan Vlahovic, pemain Juventus dan Timnas Serbia (instagram.com/vlahovicdusan)

Untuk lini depan, Dragan Stojkovic memanggil penyerang Juventus, Dusan Vlahovic. Pemain berusia 24 tahun itu menyelesaikan musim 2023/2024 dengan performa yang cukup apik. Ia berhasil mencetak 16 gol dan 3 assist di Serie A dan 2 gol di Piala Italia.

Di Euro 2024, ia dipercaya untuk menjadi tumpuan lini depan Serbia. Dengan statistik yang ia punya, penampilan Vlahovic patut dinantikan. Serbia bisa saja tangguh bersamanya.

Baca Juga: 4 Pemain Barcelona Mewarnai Spanyol di Euro 2024, Muda Semua!

3. Pemain Torino, Vanja Milinkovic-Savic, kembali masuk skuad Serbia

5 Pemain Serie A yang Perkuat Serbia di Euro 2024Vanja Milinkovic, pemain Torino dan Timnas Serbia (instagram.com/vanja_32)

Torino juga menyumbangkan pemainnya berkebangsaan Serbia ke Euro 2024. Meski belum jadi starter di laga perdana melawan Inggris, kiper berusia 27 tahun itu masih memiliki kesempatan tampil pada fase grup. Serbia akan melawan Denmark dan Slovenia.

Tampil impresif, Milinkovic-Savic jadi penjaga gawang andalan Torino. Pemain dengan tinggi 202 cm itu bermain hampir di seluruh pertandingan musim ini. Namun, bersama Serbia, kepastian tampilnya belum tinggi.

4. Filip Kostic dapat bermain sebagai gelandang dan sayap kiri

5 Pemain Serie A yang Perkuat Serbia di Euro 2024Filip Kostic, pemain Juventus dan Timnas Serbia (instagram.com/filipkostic)

Satu lagi pemain Juventus di skuad Serbia ialah Filip Kostic. Pemain berusia 31 tahun itu dapat dipasang sebagai gelandang atau sayap kiri. Pada musim ini, ia sendiri bermain sebanyak 29 kali di Serie A dan 4 pertandingan di Piala Italia.

Filip Kostic langsung jadi starter di pertandingan melawan Inggris. Sayangnya, Kostic dan tim harus menelan kekalahan 0-1 dari Inggris. Itu terjadi lewat gol yang dicetak Jude Bellingham.

5. Luka Jovic jadi satu-satunya pemain AC Milan di skuad Serbia untuk Euro 2024

5 Pemain Serie A yang Perkuat Serbia di Euro 2024Luka Jovic, pemain AC Milan dan Timnas Serbia (instagram.com/lukajovic)

Selain Juventus, Fiorentina, dan Torino, AC Milan juga menyumbang pemainnya ke Timnas Serbia di Euro 2024. Luka Jovic ikut dibawa Stojkovic untuk makin memperkuat timnya. Apalagi mereka berada di Grup C bersama Inggris.

Luka Jovic menjalani pertandingan perdana Euro 2024 sebagai pemain pengganti. Meski terkenal sebagai tipe penyerang tradisional, ia memiliki first touch yang bagus. Itu bisa jadi senjata ampuh untuk counter-attack Serbia.

Kembali tampil di panggung Euro sejak terakhir kali pada 2000, Serbia tak ingin hanya jadi tim pelengkap. Terlebih, tim ini diisi beberapa pemain yang bermain di Serie A Italia. Serbia pun dinilai akan mampu menjadi kuda hitam di Euro 2024.

Baca Juga: 5 Pemain Bundesliga Jerman yang Dibawa Republik Ceko ke Euro 2024

Dewi Andini Photo Verified Writer Dewi Andini

living, loving, laughing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya