TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Stadion Nasional Morodok Techo, Lokasi Utama SEA Games 2023

Digunakan untuk opening dan closing ceremony

Stadion Nasional Morodok Techo di Kamboja (ocasia.org)

Southeast Asian atau SEA Games adalah gelaran olahraga bergengsi yang diikuti 11 negara di Asia Tenggara. Kali ini, SEA Games digelar di Kamboja pada 5-17 Mei 2023. SEA Games 2023 mempertandingkan 36 cabang olahraga yang digelar di berbagai lokasi.

Kamboja memilih Stadion Nasional Morodok Techo sebagai lokasi utama SEA Games 2023. Stadion Morodok Techo akan digunakan sebagai tempat upacara pembukaan sekaligus penutupan SEA Games 2023.

Stadion ini dipilih karena memiliki kapasitas terbesar dan arsitektur serta desain yang sangat merepresentasikan Kamboja. Berikut profil Stadion Nasional Morodok Techo yang menjadi lokasi utama SEA Games 2023.

1. Awal pembangunan

Pembangunan Stadion Nasional Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja (aseanfootball.org)

Morodok Techo National Stadium atau Stadion Nasional Morodok Techo adalah stadion yang terletak di pinggir utara ibu kota Kamboja, Phnom Penh. Dulunya wilayah ini adalah daerah pertanian, tapi saat ini berkembang menjadi kota metropolitan dan perumahan-perumahan.

Pembangunan stadion ini sepenuhnya didanai oleh pemerintah China sekitar 150 juta dolar AS. Selain itu, kontraktor yang mengerjakan proyek pembangunan stadion ini juga berasal dari China, yaitu China State Construction Engineering Corporation. Pasalnya, ada hubungan persahabatan lama antara Kamboja dan China.

Peletakan batu pertama

Pembangunan Stadion Morodok Techo ditandai dengan peletakan batu pertama pada 4 April 2017, tapi pembangunannya baru dimulai empat bulan kemudian.

Pada 2013, area ini sudah dibangun kolam renang berkapasitas 6 ribu kursi dan gedung olahraga berkapasitas 15 ribu penonton. Saat ini, area tersebut dikenal dengan Kompleks Olahraga Nasional Morodok Techo.

Pembukaan resmi

Stadion Nasional Morodok Techo diumumkan selesai pembangunannya pada 16 Agustus 2021. Kemudian pada 18 Desember 2021, stadion ini resmi dibuka oleh Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen.

Baca Juga: Resmi! 36 Cabor Dipertandingkan di SEA Games 2023 Kamboja!

2. Arsitektur dan desain stadion

Morodok Techo National Stadium (ocasia.org)

Hal yang menjadi daya tarik dari Stadion Nasional Morodok Techo adalah gaya arsitektur dan desainnya. Desain stadion ini terinspirasi dari motif kapal layar yang berhubungan erat dengan sejarah negara Kamboja.

Dulunya, orang-orang dari bangsa Tionghoa berlayar ke wilayah yang kini bernama Kamboja menggunakan perahu. Sampai akhirnya mereka membangun negara Kamboja.

Spesifikasi stadion

Stadion Nasional Morodok Techo memiliki kapasitas sekitar 60.000 kursi. Stadion ini dibangun sekitar 82.000 meter persegi dengan luas lebih dari 16 hektare.

Stadion ini terdiri dari tribun tiga tingkat dengan dua lantai di belakang gawang. Sebab ada tiang besar yang menyerupai haluan perahu.

Stadion ini juga memiliki titik tertinggi mencapai 99 meter yang ditandai dengan tiang penyangga atap. Tiang-tiang itu menjadi simbol gerakan sampeah, yaitu bentuk salam atau rasa hormat masyarakat Kamboja.

Selain itu, stadion ini juga dikelilingi parit bergaya Angkor dengan dekorasi seperti bunga Rumduol yang merupakan bunga nasional Kamboja.

Baca Juga: 10 Stadion Terbesar di Asia Tenggara, JIS Nomor Berapa?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya