TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Rafael Struick, Pemain Naturalisasi asal Belanda

Bermain di klub Australia milik orang Indonesia

Instagram Rafael Struick

Rafael Struick merupakan pemain naturalisasi Timnas Indonesia yang sejauh ini menjadi andalan Shin Tae-yong di lini depan. Pesepak bola keturunan Semarang-Belanda ini hampir selalu tampil starter di laga-laga timnas senior maupun timnas U-23.

Sedangkan di level klub, Struick bermain untuk tim Liga Australia yang dimiliki pengusaha Indonesia, Brisbane Roar FC. Sebelumnya, dia memperkuat klub Belanda, ADO Den Haag sejak di level kelompok umur.

Berikut profil dan perjalanan karier Rafael Struick selama berkarier sebagai pesepak bola. Simak di bawah ini, yuk!

1. Profil Rafael Struick

Potret Rafael Struick saat Timnas Indonesia kalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Instagram/@rafaelstruick).

Rafael William Struick atau lebih dikenal Rafael Struick merupakan pemain sepak bola kelahiran Zoetermeer, 27 Maret 2003. Struick lahir dari ayah bernama Brian Struick, warga Belanda keturunan Indonesia. Sedangkan ibunya, Soraya Noraly Soedito merupakan warga Belanda keturunan Suriname.

Nenek Rafael Struick dari pihak ayahnya bernama Eleonora Fredrika Rientsma Struick yang lahir di Semarang pada 24 April 1952. Oleh sebab itu, Struick bisa dibilang merupakan pemain keturunan Semarang, Indonesia.

Pemain dengan tinggi 187 cm itu resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) pada 22 Mei 2023. Dia menjalani proses naturalisasi bersama pemain lainnya, Ivar Jenner.

2. Perjalanan karier Rafael Struick

Rafael Struick, pemain naturalisasi asal Belanda (instagram.com/rafaelstruick)

Rafael Struick mengawali karier sepak bola dengan bersekolah di Akademi Forum Sport dan pindah ke RKAVV Leidschendam pada 2020. Namun, baru setahun di sana, Struick pindah ke Akademi ADO Den Haag dan tampil untuk tim U-18 (2020-2021) dan U-21 (2021-2022).

Saat di ADO Den Haag U-18, Struick hanya tampil empat kali dan mencetak tiga gol serta satu assist. Sedangkan saat di Den Haag U-21, Struick berhasil mencatatkan 10 gol dan 5 assist dari 41 pertandingan.

Pada 2022, Struick melanjutkan kariernya ke tim utama ADO Den Haag. Namun, dia tak begitu banyak mencatatkan penampilan. Dia hanya tampil sebanyak 11 kali.

Setelah kontraknya habis pada 2024, Struick harus segera mencari klub baru. Pada September 2024, Struick resmi bergabung dengan tim Australia, Brisbane Roar FC yang dimiliki pengusaha Indonesia, Bakrie Group.

Di Timnas Indonesia, Rafael Struick dipercaya menjadi striker yang hampir selalu turun sejak menit pertama pada sejumlah kompetisi. Mulai dari Piala Asia U-23 2024 hingga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Baca Juga: Profil Mees Hilgers, Calon Pemain Timnas Berdarah Manado

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya