TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Manuel Ugarte, Gelandang Baru MU Asal Uruguay

Dibeli 60 juta euro dari PSG

Profil Manuel Ugarte, gelandang muda asal Uruguay (instagram.com/ugartemanu)

Gelandang muda asal Uruguay, Manuel Ugarte dikabarkan resmi bergabung ke Manchester United menjelang penutupan bursa transfer musim panas 2024/2025. Mengutip Fabrizio Romano (27/8/2024), MU merekrut Ugarte dengan total nilai kontrak 60 juta euro atau Rp1,04 triliun.

Ugarte sendiri sudah menjadi incaran Setan Merah sejak Juli. Dia juga diketahui sudah membuat kesepakatan pribadi sejak sebulan lalu. Jika resmi bergabung, kehadirannya tentu akan menjadi kekuatan baru di lini tengah Manchester United.

Pasalnya, Ugarte dikenal sebagai gelandang yang tenang dan tangguh dengan penguasaan bola yang baik. Berikut profil Manuel Ugarte dan perjalanan karier sepak bolanya. 

1. Profil Manuel Ugarte

Profil Manuel Ugarte, gelandang muda asal Uruguay (instagram.com/ugartemanu)

Manuel Ugarte Ribeiro merupakan pesepak bola asal Uruguay yang memiliki karier cemerlang di usia mudanya dengan membela klub besar seperti Sporting CP dan Paris Saint-Germain. Manuel Ugarte lahir di Montevideo, Uruguay pada 11 April 2001. 

Gelandang bertahan yang memiliki postur 182 cm ini sempat menjadi incaran beberapa klub elite Eropa seperti Chelsea, Liverpool, PSG, termasuk Manchester United.

Ugarte dikenal sebagai ball-winning midfielder muda yang tangguh. Dia mencetak rekor sebagai pemain termuda Liga Uruguay pada abad ke-21 saat membela CA Fenix pada usia 15 tahun 233 hari.

2. Perjalanan karier Manuel Ugarte

Profil Manuel Ugarte, gelandang muda asal Uruguay (instagram.com/ugartemanu)

Manuel Ugarte juga dikenal sebagai pesepak bola muda dengan perkembangan karier yang cepat. Karier sepak bola Ugarte bermula dari tim lokal, City Park de Ciudad de la Costa. Lalu, Ugarte melanjutkan karier di CA Fenix selama beberapa musim.

Menariknya, Ugarte di CA Fenix adalah seorang striker. Dia sempat tampil beberapa kali di lini depan Fenix sebelum ditarik ke belakang sebagai gelandang.

Posisi gelandang ternyata berbuah kesuksesan bagi Ugarte. Penampilannya mulai dilirik banyak pihak, termasuk pelatih Fenix saat itu, Juan Ramon Carrasco yang memercayakan ban kapten kepada Ugarte saat usianya masih 18 tahun.

Seiring waktu, Ugarte mulai menarik perhatian klub Eropa. Klub Portugal, Famalicao menjadi yang pertama mendapatkan jasa Ugarte dengan harga murah, yakni 3 juta euro atau Rp51 miliar pada Desember 2020.

Dia sempat jadi andalan Famalicao selama beberapa bulan sebelum dikontrak Sporting CP pada Agustus 2021. Awalnya, Ugarte disiapkan sebagai pelapis Joao Palhinha. Setelah Palhinha pindah ke Fulham setahun berikutnya, Ugarte masuk dalam skuad utama.

Dua musim bersama Sporting CP, Ugarte mencatatkan 85 penampilan dengan mencetak 1 gol dan 3 assist. Dia juga tak hanya tampil di liga domestik, tapi juga Liga Europa dan Liga Champions.

Sejak itu, Ugarte mulai diminati tim-tim besar Eropa dan pilihannya pun jatuh ke PSG. PSG resmi mengontrak Ugarte dengan nilai transfer 60 juta euro atau Rp1,05 triliun pada Juli 2023. Semusim di klub Paris, dia mencatatkan 37 penampilan tanpa gol dan tiga assist.

Ugarte juga sudah memulai karier di tim nasional Uruguay sejak April 2018 dengan bermain di tim U-20. Pada 2020, Ugarte debut bersama Uruguay U-23 dan berhasil mencetak satu gol. Setahun berikutnya, Ugarte debut dengan timnas senior dan masih menjadi andalan pelatih Marcelo Bielsa di lini tengah sampai sekarang.

Baca Juga: Daftar Lengkap Bursa Transfer Manchester United Terbaru 2024/2025

3. Keunggulan Manuel Ugarte sebagai gelandang

Profil Manuel Ugarte, gelandang muda asal Uruguay (instagram.com/ugartemanu)

Lalu, apa yang membuat Ugarte semenarik itu bagi klub besar Eropa seperti Manchester United? Alasannya simpel, Ugarte memiliki permainan yang efisien dan sederhana. Ugarte mampu memenangkan bola dan operan standar, sehingga dia menjadi salah satu pemain dengan catatan operan sukses tertinggi.

Selain itu, Ugarte juga punya skill dribbling yang baik. Dengan postur tinggi, Ugarte juga memiliki penjagaan bola dan mampu memenangkan duel udara dengan baik.

Baca Juga: Profil Rasmus Hojlund, Striker Baru Man United Asal Denmark

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya