TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil FCV Dender, Klub Bola Belgia Milik Orang Indonesia

Ragnar Oratmangoen diisukan sepakat bergabung

FCV Dender, klub Belgia milik orang Indonesia bernama Sihar Sitorus (instagram.com/fcdender)

FCV Dender belakangan ramai dibahas setelah pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen dikabarkan sepakat bergabung. FCV Dender merupakan klub sepak bola asal Belgia yang musim lalu berhasil promosi ke kasta tertinggi Belgian Pro League untuk musim 2024/2025.

Fakta menariknya, FCV Dender dimiliki oleh Sihar Sitorus, seorang pengusaha dan politisi Indonesia yang juga pernah menjadi anggota Exco PSSI. Berikut profil FCV Dender lengkap dari sejarah, prestasi, dan skuad lengkap terbarunya. Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Sejarah FCV Dender

Pemain FCV Dender (instagram.com/fcdender)

Football Club Verbroedering Dender Eendracht Hekelgem atau FCV Dender E.H. adalah klub sepak bola profesional asal Belgia yang berdiri pada 1935. Klub ini pertama kali terdaftar sebagai peserta Royal Belgian Football Association pada 1943.

Baru pada 1980-an, klub yang berbasis di wilayah Denderleeuw ini promosi ke kasta keempat Liga Belgia. Pada musim 1998/99, untuk pertama kalinya FCV Dender mencapai divisi ketiga Belgia.

Pada awal 2000-an, FCV Dender sukses memenangkan gelar berturut-turut dan berhasil mencapai promosi ke kasta tertinggi pertama kali pada musim 2007/2008. Sayangnya, eksistensi FCV Dender di kasta tertinggi tak berlangsung lama karena harus terdegradasi pada 2008/2009.

Setelah berkutat di kasta kedua dan ketiga selama belasan tahun, FCV Dender akhirnya kembali promosi ke Liga Pro Belgia pada musim 2023/2024. Mereka finis di peringkat kedua Liga Pro Challenger dan akan tampil di kasta tertinggi Liga Belgia 2024/2025.

2. Pemilik FCV Dender

Pemain FCV Dender (instagram.com/fcdender)

Siapa pemilik FCV Dender? Saat ini, FCV Dender dimiliki oleh Sihar Sitorus, pengusaha dan politisi asal Indonesia.

Sihar Sitorus tercatat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 dari Fraksi PDIP Dapil Sumut II. Sihar juga pernah mencalonkan diri sebagai Wakil Gubernur Sumatra Utara 2018-2023 bersama Djarot Saiful Hidayat.

Selain aktif di politik, Sihar Sitorus juga merupakan pebisnis di bidang olahraga. Di Indonesia, Sihar memiliki beberapa klub sepak bola seperti Medan United, Medan Chiefs, Pro Duta FC, dan Nusaina FC. Dia juga pernah memimpin klub PSMS Medan.

Tidak hanya di level senior, Sihar juga mengembangkan akademi sepak bola bernama Akademi Sepakbola Medan United dan Boca Juniors Football Schools Indonesia yang terafiliasi dengan klub seniornya.

Sihar juga membeli saham FCV Dender pada 2018. Pembelian ini pun bukan tanpa alasan. Sihar menganggap Belgia cocok untuk mengembangkan klub sepak bola. Dia juga bertekad membangun pembinaan pemain muda FCV Dender yang lebih baik.

3. Prestasi FCV Dender

Pemain FCV Dender (instagram.com/fcdender)

Tak begitu banyak prestasi yang diraih FCV Dender selama berdiri. Berikut beberapa prestasi yang pernah diraih FCV Dender:

  • Juara Divisi Kedua Liga Belgia 2006/2007
  • Peringkat kedua Divisi Kedua Liga Belgia 2023/2024
  • Juara Divisi Ketiga Liga Belgia 2005/2006 dan 2021/2022

Baca Juga: 7 Klub Bola Eropa Milik Orang Indonesia, Membanggakan!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya