TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Adrian Wibowo, Winger Los Angeles Berdarah Surabaya

Terbuka membela Timnas Indonesia

Adrian Wibowo, pemain Los Angeles FC asal Amerika Serikat keturunan Indonesia (instagram.com/adrian_wibowo._17)

Adrian Wibowo menjadi salah satu pemain yang belakangan ini mendapat sorotan para suporter Timnas Indonesia. Pasalnya, dalam wawancara dengan YouTuber Yussa Nugraha (30/8/2024), Adrian menyatakan terbuka untuk membela Timnas Indonesia jika dipanggil PSSI.

Adrian Wibowo merupakan pemain muda asal Amerika Serikat yang memiliki keturunan Indonesia. Saat ini, Adrian membela klub Los Angeles FC di MLS atau kasta tertinggi Liga Amerika.

Berikut profil Adrian Wibowo dan perjalanan karier sepak bolanya. Simak di bawah ini, ya!

1. Profil Adrian Wibowo

Adrian Wibowo, pemain Los Angeles FC asal Amerika Serikat keturunan Indonesia (instagram.com/adrian_wibowo._17)

Adrian Wibowo merupakan pesepak bola asal Amerika Serikat yang lahir pada 17 Januari 2006. Kabarnya, Adrian memiliki darah keturunan Indonesia dari ayahnya, Boogie Wibowo yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur.

Saat ini, Adrian bermain untuk klub MLS atau Liga Amerika Serikat, Los Angeles FC. Adrian berposisi sebagai pemain winger atau sayap yang bisa ditempatkan di sisi kanan maupun kiri lapangan. Bahkan, dia juga bisa dipasang sebagai striker.

Pemain yang masih berusia 18 tahun ini dianggap bisa diprospek menjadi pemain Timnas Indonesia di masa depan, baik di skuad kelompok umur maupun tim senior nantinya. Mengingat posisi sayap Timnas Indonesia masih butuh pemain tambahan agar lebih solid.

2. Perjalanan karier Adrian Wibowo

Adrian Wibowo, pemain Los Angeles FC asal Amerika Serikat keturunan Indonesia (instagram.com/adrian_wibowo._17)

Belum banyak pengalaman Adrian Wibowo di dunia sepak bola. Adrian memulai karier sepak bolanya pertama kali di Total Futbol Academy, Amerika Serikat. Pada Januari 2018, Adrian kemudian pindah ke Los Angeles FC Academy untuk lebih memperdalam skill sepak bolanya.

Di akademi LAFC, Adrian menimba ilmu selama lima tahun sebelum dikontrak untuk bermain di Los Angeles FC 2 pada musim 2023/2024. LAFC 2 berkompetisi di MLS Next Pro, yaitu liga profesional di Amerika Serikat yang terafiliasi dengan MLS.

Lalu, mulai musim 2024/2025, Adrian resmi bergabung dengan tim utama Los Angeles FC yang bermain di Major League Soccer (MLS). Adrian bergabung dengan menyandang status pemain homegrown, yaitu pemain muda berusia 15-21 tahun yang menghabiskan setidaknya tiga tahun bermain di suatu negara.

Selain itu, Adrian pernah tampil bersama Timnas Amerika Serikat U-17 dalam laga persahabatan. Dia mencatatkan satu gol dari tiga caps bersama The Yanks. Sayangnya, dia tak dipanggil ke timnas saat ajang Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Baca Juga: Profil Sjors-Lowis Hermsen, Striker Belanda Keturunan Indonesia

3. Statistik penampilan Adrian Wibowo

Adrian Wibowo, pemain Los Angeles FC asal Amerika Serikat keturunan Indonesia (instagram.com/adrian_wibowo._17)

Belum banyak statistik penampilan Adrian Wibowo selama berkarier. Meski begitu, Adrian memiliki catatan impresif saat bermain di Los Angeles FC 2. Adrian mencatatkan 11 gol dan 9 assist dari 31 pertandingan.

Mengutip Transfermarkt, Adrian ternyata pernah bermain di beberapa posisi dalam skuad. Mulai dari sayap kanan, sayap kiri, striker, gelandang serang, gelandang kiri, hingga bek kiri.

Jika Adrian berminat membela Indonesia dan PSSI tertarik mendatangkannya, maka dia akan menjadi kekuatan baru bagi skuad U-19, U-20, ataupun tim senior kelak.

Baca Juga: Profil Miliano Jonathans, Pemain Belanda Keturunan Depok

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya