TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Apa itu Scudetto? Ini Penjelasan dan Peraih Terbanyaknya

Tradisi sepak bola Italia sejak 1924

ilustrasi logo Scudetto Serie A Liga Italia pada jersey Napoli (instagram.com/officialsscnapoli)

Pernah mendengar istilah Scudetto? Istilah Scudetto sering digaungkan oleh fans Liga Italia Serie A setiap musim berakhir. Biasanya, istilah ini identik dengan klub yang menjadi juara Serie A.

Namun, tahukah kamu sebenarnya apa itu Scudetto? Berikut penjelasan tentang Scudetto selengkapnya, mulai dari pengertian hingga peraih terbanyaknya di Italia.

1. Apa itu Scudetto?

Napoli melawan Juventus di Serie A 2023/2024. (legaseriea.it)

Scudetto dalam bahasa Italia artinya 'perisai kecil'. Dalam konteks Liga Italia, Scudetto diberikan kepada tim yang menjadi juara di setiap musimnya.

Namun, Scudetto sebenarnya bukan berarti 'pemenang'. Scudetto adalah gelar kehormatan untuk juara Serie A yang disimbolkan dalam logo atau patch berbentuk perisai berwarna bendera Italia, yaitu hijau, putih, dan merah.

Patch Scudetto akan ditempelkan pada jersey klub juara Serie A dalam musim berikutnya. Misalnya, Inter Milan sebagai juara Liga Italia 2023/24 bisa menggunakan patch Scudetto pada Serie A 2024/25. Klub juara Liga Italia juga berhak menggunakan logo ini sepanjang musim.

Patch Scudetto sendiri sudah menjadi tradisi di sepak bola Italia sejak 1924. Saat itu, klub pertama yang menggunakan patch Scudetto adalah Genoa.

2. Perbedaan Scudetto dan Scudetti

aksi Juventus di lapangan (twitter.com/juventusfcen)

Selain Scudetto, ada pula istilah yang sering disebut oleh penggemar sepak bola Italia, yaitu Scudetti. Berbeda dari Scudetto yang merujuk pada simbol kehormatan bagi juara Liga Italia, Scudetti adalah sebutan untuk klub yang menjuarai Serie A berturut-turut.

Secara sederhana, Scudetti adalah bentuk jamak dari Scudetto. Misalnya, Juventus sebagai juara Serie A 2019/20 bisa disebut Scudetti karena berhasil sembilan kali berturut-turut menjadi juara.

Baca Juga: Inter Milan Ukir Sejarah, Jadi Tim Italia Tercepat Raih Scudetto

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya