TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Jerman Jebolan Piala Dunia U-17 yang Kini Menjadi Bintang 

Beberapa pemain merupakan skuad juara Piala Dunia 2014

Timnas German saat menjuarai Piala Dunia 2014 Brasil. (bundesliga.com)

Piala Dunia U-17 2023 bergulir di Indonesia pada 10 November—2 Desember 2023. Dari 24 peserta yang mengikuti turnamen ini, Jerman menjadi salah satu tim yang diunggulkan sebagai juara. Ini lantaran skuad U-17 Jerman diisi para pemain akademi dari klub-klub top Eropa.

Jerman merupakan salah satu negara yang memiliki tradisi sepak bola yang kuat. Meski prestasi terbaik mereka di Piala Dunia U-17 hanya runner-up pada 1985, Der Panzer telah meraih empat juara dunia di level senior. Beberapa alumnus skuad Jerman di Piala Dunia U-17 kini menjelma menjadi bintang sepak bola Eropa dengan segudang prestasi.

Siapa sajakah pemain Jerman jebolan Piala Dunia U-17 yang kini menjadi bintang sepak bola?

1. Toni Kroos dianggap sebagai salah satu alumnus Piala Dunia U-17 yang paling berhasil

Toni Kroos (instagram.com/toni.kr8s)

Toni Kroos merupakan bagian dari skuad Jerman di Piala Dunia U-17 2007 Korea Selatan. Meski Der Panzer harus puas meraih peringkat ketiga, Kroos dianugerahi Golden Ball alias pemain terbaik di turnamen tersebut. Dirinya meraih penghargaan ini setelah mencetak 5 gol dan 1 assist selama 6 laga yang ia lakoni. Terlebih ia merupakan pemain berposisi gelandang.

Selepas penampilan gemilangnya di Piala Dunia U-17 2007, Kroos langsung dipromosikan ke tim senior Bayern Munich. Bisa dibilang, ia merupakan salah satu alumnus Piala Dunia U-17 yang paling berprestasi di level senior. Dirinya meraih segudang gelar juara bersama Bayern Munich dan Real Madrid, ditambah gelar juara dunia yang ia raih bersama Der Panzer di Piala Dunia 2014 Brasil.

Baca Juga: 5 Pemain Real Madrid Pemilik Nomor 8 sebelum Toni Kroos

2. Mario Goetze membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 lewat gol semata wayang

Mario Goetze (dfb.de)

Mario Goetze menjadi salah satu penggawa Timnas Jerman di Piala Dunia U-17 2009 Nigeria. Jerman berhasil lolos ke Piala Dunia U-17 usai menjuarai Euro U-17 pada tahun yang sama. Meski berstatus sebagai juara Eropa, Jerman hanya berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 setelah dikalahkan Swiss yang akhirnya menjadi juara.

Di level senior, prestasinya makin gemilang bersama Borussia Dortmund dan Bayern Munich dengan meraih berbagai gelar juara domestik dan kompetisi internasional. Momen terbaik Goetze terjadi ketika dirinya masuk sebagai pemain pengganti di final Piala Dunia 2014 Brasil. Ia mencetak gol kemenangan yang membawa mereka menjuarai Piala Dunia 2014. Goetze sekaligus menjadi pemain pertama yang masuk sebagai pemain pengganti dan pemain termuda yang mencetak gol di final Piala Dunia.

3. Marc-Andre ter Stegen kini dianggap salah satu kiper terbaik dunia

Marc-Andre Ter Stegen (fifa.com)

Marc-Andre ter Stegen merupakan penjaga gawang Jerman di Piala Dunia U-17 2009 Nigeria. Dirinya kala itu merupakan kompatriot Mario Goetze di Piala Dunia U-17 meski gagal membawa Jerman menjuarai turnamen. Saat itu, ia masih menjadi pemain akademi Borussia Moenchengladbach.

Di level senior, Ter Stegen mulai dianggap sebagai salah satu kiper terbaik dunia ketika bermain untuk Barcelona pada 2014. Bersama Blaugrana, ia meraih berbagai gelar juara, salah satunya menjuarai Liga Champions Eropa pada musim perdananya. Sayangnya, di skuad Jerman, dirinya baru tampil sebanyak 38 kali karena harus bersaing dengan Manuel Neuer yang selalu menjadi kiper utama Der Panzer.

Baca Juga: Dari Alisson hingga ter Stegen, 5 Kiper Top Ini Lahir pada Tahun 1992

Verified Writer

Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya