TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Kiper yang Pernah Mencetak Gol di Liga Champions, Provedel Terbaru

Dua kiper cetak gol bukan dari penalti

Ivan Provedel (kuning) berselebrasi setelah cetak gol ke gawang Atletico Madrid. (twitter.com/OfficialSSLazio)

Kiper mencetak gol menjadi momen yang jarang terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Namun, kiper utama Lazio, Ivan Provedel baru-baru ini mencetak gol lewat sundulan. Golnya tercipta saat mereka menjamu Atletico Madrid pada penyisihan Grup E Liga Champions Eropa pada Rabu (20/9/2023) dini hari. Gol itu sekaligus menyelamatkan timnya dari kekalahan.

Provedel bukanlah kiper pertama yang mencetak gol di Liga Champions. Tercatat, kiper asal Italia tersebut menjadi kiper keempat yang melakukannya. Jadi, siapa saja kiper-kiper yang pernah mencetak gol di pentas Eropa ini?

1. Hans-Joerg Butt jadi kiper pencetak gol terbanyak di Liga Champions

Hans-Joerg Butt (bundesliga.com)

Kiper legendaris Bundesliga Jerman, Hans-Joerg Butt, dikenal sebagai eksekutor penalti yang andal. Selama kariernya di Bundesliga, ia menjadi eksekutor penalti untuk Hamburger SV dan Bayer 04 Leverkusen. Ia juga sempat menjadi kiper utama Bayern Munich sebelum Manuel Neuer yang didatangkan dari FC Schalke 04 pada 2011.

Secara keseluruhan, Butt mencetak 26 gol dalam 387 pertandingan Bundesliga dan mencetak 3 gol di Liga Champions. Ketiga golnya tersebut semuanya tercipta ke gawang Juventus dengan tiga tim berbeda. Namun, pada 2004, akibat melakukan selebrasi setelah mencetak gol, ia pernah melakukan blunder karena terlambat kembali ke gawang yang mengakibatkan lawan berhasil mencetak gol.

Baca Juga: Sensasi Lamine Yamal yang Merambah ke Liga Champions

2. Sinan Bolat menyelamatkan timnya dari kekalahan dan lolos ke Liga Europa

Sinan Bolat (uefa.com)

Kiper Standard Liege, Sinan Bolat, menyelamatkan timnya dari kekalahan untuk membantu timnya lolos ke Liga Europa. Pada 2009/2010, Standar Liege tergabung dalam Grup H Liga Champions bersama Arsenal, Olympiakos Piraeus, dan AZ Alkmaar. Kala itu, Arsenal dan Olympiakos Piraeus sudah memastikan melaju ke babak 16 besar.

Standard Liege berada di posisi ketiga di Grup H dengan lima poin. Mereka unggul satu poin atas AZ Alkmaar. Bolat lalu mencetak gol pada masa injury time saat melawan AZ Alkmaar di laga terakhir penyisihan Grup H Liga Champions. Skor berakhir imbang 1-1 dan Standard Liege lolos ke babak 32 besar Liga Europa.

3. Vincent Enyeama mencetak gol di Liga Champions

Vincent Enyeama (uefa.com)

Vincent Enyeama adalah mantan kiper utama Timnas Nigeria selama hampir 1 dekade. Di level klub, ia pernah bermain untuk klub asal Israel, Hapoel Tel Aviv dan di Ligue 1 Prancis bersama LOSC Lille. Selama kariernya, ia telah mencetak 15 gol bagi Hapoel Tel Aviv, salah satunya tercipta di Liga Champions.

Enyeama menjadi satu-satunya kiper asal Afrika yang pernah mencetak gol di Liga Champions. Pada Agustus 2010, penalti Enyeama membawa Hapoel meraih kemenangan atas FC Salzburg pada babak playoff. Sayangnya, ia gagal mengantarkan timnya lolos setelah kalah 1-3 di kandang saat melawan Olympique Lyonnais.

Baca Juga: 4 Klub yang Mewakili Inggris di Liga Champions 2023/2024, Apa Saja?

Verified Writer

Widyo Andana Pradiptha

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya