TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Performa 9 Pemain Chelsea yang Dipinjamkan ke Klub Lain pada 2023/2024

Ada yang dipinjamkan dengan opsi pembelian

Kepa Arrizabalaga (instagram.com/kepaarrizabalaga)

Chelsea sangat aktif dalam melakukan pembenahan skuad pada musim panas 2023. Selain melepas banyak pemain penting, tim asal London Barat ini tidak lupa mendaratkan tenaga baru menjanjikan ke Stamford Bridge. The Blues memang tengah mengerjakan rencana jangka panjang dengan membangun ulang kekuatan agar tampil lebih kompetitif di berbagai ajang.

Para pemain yang ada tentu harus berjuang keras untuk mendapat kesempatan secara reguler bersama Chelsea. Namun, beberapa penggawa yang tidak masuk dalam bagian skuad harus menjalani masa peminjaman pada 2023/2024. Ada sekitar sembilan pesepak bola milik The Blues yang tengah berkarier membela tim lain. Siapa saja mereka dan bagaimana performanya sejauh ini?

1. Romelu Lukaku menjadi ujung tombak utama AS Roma

Romelu Lukaku (twitter.com/OfficialASRoma)

Romelu Lukaku telah menyelesaikan masa peminjaman dari Inter Milan sehingga kembali memperkuat Chelsea pada musim panas 2023. Namun, penyerang asal Belgia ini tidak masuk rencana Mauricio Pochettino. Ini membuatnya sempat dilirik oleh beberapa tim. The Blues lantas memilih untuk meminjamkannya ke AS Roma. Dia rencananya akan bergabung dengan I Giallorossi sampai 2024.

Penyerang 30 tahun ini sukses mendapat kepercayaan dari Jose Mourinho sehingga bisa menembus skuad utama AS Roma. Lukaku sering diplot sebagai ujung tombak utama I Giallorossi. Sampai pekan ke-7, dirinya sudah berkontribusi dalam 6 pertandingan dengan mengukir 4 gol di berbagai ajang pada 2023/2024.

2. Diego Moreira menjalani masa peminjaman ke Olympique Lyon

Diego Moreira (instagram.com/diegzyyy)

Diego Moreira adalah penyerang sayap muda yang didatangkan Chelsea dari Benfica pada musim panas 2023. Dirinya dianggap sebagai aset penting sehingga dipagari kontrak jangka panjang sampai 2028. Tampil singkat membela The Blues, pemain kelahiran Liege ini langsung dipinjamkan ke Olympique Lyon selama satu musim. Ini bertujuan untuk membuatnya mendapat jam terbang.

Pesepak bola kebangsaan Portugal ini tak selalu menjadi pilihan utama di Olympique Lyon. Sejauh ini, Diego Moreira masih sulit mendapat kesempatan secara reguler. Hingga pekan ke-7, dirinya baru tampil dalam dua pertandingan Ligue 1 2023/2024. Meski begitu, performanya berpotensi jadi faktor pembeda untuk Les Gones.

3. Kepa Arrizabalaga menggantikan peran Thibaut Courtois di Real Madrid

Kepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Kepa Arrizabalaga sempat kehilangan tempat utama saat di Chelsea. Tak menyerah, dirinya menunjukkan perkembangan sehingga bisa mendapat kesempatan reguler bersama The Blues. Namun, tim London Barat tersebut memilih untuk meminjamkannya ke Real Madrid pada musim panas 2023. Ini terjadi setelah Thibaut Courtois mengalami cedera sehingga Los Blancos harus mengambil langkah cepat untuk menutup lubang di area pertahanan.

Benar saja, Kepa Arrizabalaga menjadi kiper utama untuk Real Madrid. Dirinya sering dipasang jadi starter dan tampil selama 90 menit. Pemain 29 tahun ini bisa memberikan rasa aman di lini belakang Los Blancos. Hingga pekan ke-8, dirinya sudah berkontribusi dalam 7 laga dengan kebobolan sebanyak 5 gol di berbagai kompetisi pada 2023/2024. 

Baca Juga: 5 Penggawa Chelsea yang Dipinjamkan pada Musim Panas 2023, Ada Ziyech 

4. Hakim Ziyech tersisih dari skuad utama Chelsea

Hakim Ziyech (twitter.com/GalatasaraySK)

Hakim Ziyech tersisih dari skuad utama Chelsea. Dirinya lebih sering diplot sebagai pelapis sehingga minim menit bermain. Dia bahkan sempat hampir gabung dengan Paris Saint-Germain dan Al Nassr. Namun, itu semua gagal terwujud karena mengalami beberapa kendala. The Blues lantas menerima tawaran dari Galatasaray untuk meminjam jasa gelandang serang asal Maroko ini pada musim panas 2023. Ziyech akan berseragam Cimbom sampai 2024 dengan opsi pembelian.

Hakim Ziyech telah diberikan kesempatan untuk melakukan debut bersama Galatasaray. Pesepak bola kelahiran Dronten ini bisa menunjukkan kontribusi untuk Cimbom. Akan tetapi, performanya terganggu karena tengah mengalami cedera. Hingga pekan ke-7, dirinya baru bermain dalam 3 pertandingan dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist di berbagai ajang pada 2023/2024.

5. Lewis Hall tak selalu mengisi skuad utama Newcastle United

Lewis Hall (nufc.co.uk)

Lewis Hall adalah bek kiri yang menimba ilmu di akademi milik Chelsea. Dirinya sudah tampil di berbagai kelompok umur. Pemain 19 tahun ini bisa menunjukkan performa impresif sehingga mendapat promosi ke skuad utama pada musim panas 2023. Tak langsung gabung dengan The Blues, dia harus menjalani masa peminjaman ke Newcastle United. Hall rencananya akan bertahan di St James' Park sampai 2024 dengan opsi pembelian.

Lewis Hall ternyata tak selalu mengisi skuad utama Newcastle United. Dirinya kalah bersaing dengan Dan Burn untuk memperebutkan tempat di sisi kiri pertahanan The Magpies. Sampai minggu ke-7, pemain 19 tahun ini baru tampil dalam 2 pertandingan di berbagai kompetisi 2023/2024.

6. David Datro Fofana sering dipercaya jadi starter bersama Union Berlin

David Datro Fofana (instagram.com/datro_9)

David Datro Fofana adalah penyerang yang gabung dengan Chelsea pada musim dingin 2023. Pesepak bola kebangsaan Pantai Gading ini kesulitan mendapat tempat dan lebih sering duduk di bangku cadangan. The Blues lantas memilih untuk meminjamkannya ke Union Berlin demi mendapat jam terbang pada musim panas 2023. Dirinya akan bermain untuk Die Eisernen sampai 2024.

Benar saja, David Datro Fofana bisa mendapat menit bermain dan sering dipercaya tampil jadi starter untuk Union Berlin. Selain penyerang tengah, dirinya beberapa kali diplot sebagai penyerang sayap. Sampai pekan ke-6, pemain 20 tahun ini sudah berkontribusi dalam 8 pertandingan dengan mencetak 1 assist di berbagai kompetisi pada 2023/2024. 

7. Gabriel Slonina diplot jadi kiper utama KAS Eupen

Gabriel Slonina (instagram.com/gabrielslonina)

Gabriel Slonina adalah kiper muda yang dibeli Chelsea dari Chicago Fire pada musim panas 2022. Dirinya dianggap sebagai aset penting sehingga langsung disodori kontrak jangka panjang sampai 2028. Pesepak bola kebangsaan Amerika Serikat ini kembali harus menjalani masa peminjaman pada musim panas 2023. The Blues kali ini setuju untuk meminjamkannya ke KAS Eupen selama satu musim.

Tak sia-sia, Gabriel Slonina bisa menjadi pilihan utama untuk KAS Eupen. Sejauh ini, dirinya selalu dipasang jadi starter dan tampil selama 90 menit. Sampai pekan ke-9, kiper kelahiran Illinois ini sudah bermain dalam 7 pertandingan dengan kebobolan sebanyak 16 gol di Jupiler Pro League 2023/2024.

8. Andrey Santos langsung dipinjamkan ke Nottingham Forest

Andrey Santos (twitter.com/NFFC)

Andrey Santos bisa menunjukkan performa yang impresif selama bermain untuk Vasco da Gama. Ini membuat Chelsea mendatangkannya pada musim panas 2023. Wonderkid asal Brasil ini langsung disodori kontrak sampai 2030 untuk bertahan di Stamford Bridge. Belum sempat melakukan debut bersama The Blues, dirinya langsung dipinjamkan ke Nottingham Forest selama satu musim.

Pesepak bola 19 tahun ini kesulitan untuk mengisi skuad utama dari Nottingham Forest. Gelandang bertahan ini lebih sering duduk di bangku cadangan The Tricky Trees. Ini membuatnya jadi minim kontribusi terhadap tim. Sampai minggu ke-7, Andrey Santos baru dimainkan sebanyak satu kali di Carabao Cup 2023/2024.

Baca Juga: Tadinya Bahan Lawak, Mudryk Mendadak Jadi Pahlawan Chelsea

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya