TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Ukraina yang Menghiasi Serie A 2024/2025, Dovbyk Terbaru!

Dua di antaranya berposisi gelandang

Artem Dovbyk (asroma.com)

Artem Dovbyk berhasil menunjukkan etos kerja luar biasa ketika berseragam Girona. Hal ini membuatnya menjadi salah satu komoditas rebutan pada musim panas 2024. Namanya masuk radar transfer beberapa tim besar Eropa. Penyerang kelahiran Cherkasy ini lantas memilih berlabuh ke Italia dengan menerima pinangan AS Roma. I Giallorossi sendiri harus membayar kepada Blanquivermells sekitar 30,5 juta euro atau Rp538 miliar demi menghadirkan penyerang tajam tersebut.

Artem Dovbyk tentu membawa harapan besar untuk melanjutkan tren positif sehingga bisa menjadi tumpuan di lini depan I Giallorossi. Selain itu, kedatangannya ternyata juga menambah jumlah pesepak bola berkebangsaan Ukraina yang sedang melebarkan sayap di Serie A Italia. Termasuk Dovbyk, ada tiga pemain Synio-Zhovti yang menghiasi kasta tertinggi Liga Italia pada 2024/2025. Siapa saja mereka dan tim mana yang diperkuat? Mari simak daftarnya di bawah ini!

1. Artem Dovbyk menerima tawaran AS Roma sampai 2029

Artem Dovbyk (kiri) (instagram.com/tema_dovbyk)

Selepas tampil menjanjikan bersama SK Dnipro, Artem Dovbyk berhasil masuk radar pencarian Girona sehingga benar-benar didatangkan pada musim panas 2023. Talenta berkebangsaan Ukraina tersebut langsung menandatangani kontrak jangka panjang selama lima tahun demi mentas di Estadi Montilivi. Kehadirannya juga diproyeksikan untuk meningkatkan ketajaman dan produktivitas lini serang Blanquivermells.

Tak butuh waktu lama, Artem Dovbyk sukses mencuri perhatian dengan menunjukkan penampilan solid bersama Girona 2023/2024. Pesepak bola kelahiran Cherkasy ini sanggup memikul tugas sebagai ujung tombak utama. Ini membuat posisinya hampir sulit tergeser. Dia bahkan tercatat sebagai top skor LaLiga. Selain itu, dirinya juga berperan penting mengantar Blanquivermells untuk pertama kali dalam sejarah lolos ke Liga Champions Eropa 2024/2025. Dovbyk sendiri berhasil menciptakan 24 gol dan 10 assist dari 39 pertandingan di semua kompetisi.

Hanya bertahan singkat, Artem Dovbyk sepakat hengkang dari Girona dengan menerima tawaran AS Roma pada musim panas 2024. Pesepak bola yang kini berusia 27 tahun tersebut dipagari kontrak jangka panjang sampai 2029. Kedatangannya juga diplot untuk menggantikan peran Romelu Lukaku yang kembali ke Chelsea. Dovbyk sendiri memiliki segudang pengalaman sehingga berpotensi besar langsung mengisi posisi penyerang utama I Giallorossi.

Baca Juga: 6 Pemain AS Roma dari Tim Spanyol sebelum Artem Dovbyk

2. Ruslan Malinovskyi dipermanenkan Genoa dari Olympique Marseille pada musim dingin 2024

Ruslan Malinovskyi (instagram.com/malinovskyi_18)

Ruslan Malinovskyi adalah gelandang serang yang pertama kali memperkuat Genoa dengan status pinjaman dari Olympique Marseille pada musim panas 2023. Pesepak bola kelahiran Zhytomyr ini tentu sudah tidak asing dengan atmosfer sepak bola Italia karena sebelumnya pernah memperkuat Atalanta. Kedatangannya diharapkan untuk memperkuat area tengah dan membantu kinerja lini serang Il Grifone.

Ruslan Malinovskyi ternyata memperdalam kekuatan Genoa 2023/2024. Selain sanggup mengisi banyak posisi di area tengah, dirinya juga beberapa kali diplot menjadi penyerang bayangan dan penyerang sayap kanan. Etos kerja tersebut membuat Il Grifone tanpa ragu mempermanenkannya dari Olympique Marseille pada musim dingin 2024. Pesepak bola yang kini berusia 31 tahun ini disodori kontrak hingga 2027. Sementara ini, Malinovskyi telah mencatatkan kontribusi sebanyak 30 laga dengan mengemas 4 gol dan 2 assist di semua kompetisi.

3. Viktor Kovalenko baru tampil satu pertandingan bersama Atalanta

Viktor Kovalenko (twitter.com/Atalanta_BC)

Viktor Kovalenko merupakan gelandang serang yang diboyong Atalanta dari Shakhtar Donetsk pada musim dingin 2021. Pesepak bola berkebangsaan Ukraina ini masih menyisakan kontrak sampai 2025 bersama La Dea. Tak sesuai harapan, dirinya kesulitan menembus skuad inti sehingga sering menghabiskan waktu di bangku cadangan. Sejauh ini, Kovalenko baru tampil dalam satu pertandingan di Serie A Italia.

Minim kesempatan, Atalanta sepakat meminjamkan Viktor Kovalenko kepada Spezia Calcio pada musim panas 2021. Talenta kelahiran Kherson ini berseragam Aquilotti hingga Juni 2023. Dirinya ternyata lebih sering memulai laga sebagai pelapis sehingga mendapat menit bermain yang tidak terlalu banyak. Meski begitu, kehadirannya bisa mengisi berbagai posisi di area tengah. Kovalenko sendiri telah mengumpulkan total penampilan sebanyak 47 laga dengan mengemas 1 gol dan 5 assist untuk tim asal Liguria tersebut.

Viktor Kovalenko kemudian kembali bergabung dengan skuad Atalanta pada musim panas 2023. Sayangnya, dia tidak masuk skema taktik sehingga harus dipinjamkan lagi dan kali ini membela Empoli. Tak berjalan mulus, dia kesulitan mendapat kesempatan reguler saat berseragam Gli Azzurri. Hal tersebut membuatnya minim kontribusi. Kovalenko tersendiri bermain sebanyak 17 laga dengan mengukir 2 gol dan 1 assist di semua ajang.

Setelah bertualang dengan status pinjaman, Viktor Kovalenko kembali berseragam Atalanta pada musim panas 2024. Dirinya harus siap bersaing dengan gelandang lain demi mengamankan tempat utama. Ini juga menjadi ajang pembuktiannya bersama La Dea.

Ketiga pemain berkebangsaan Ukraina di atas menghiasi Seri A Italia 2024/2025. Artem Dovbyk menjadi yang paling baru memperkuat AS Roma pada musim panas 2024. Bukan tidak mungkin, jumlah pesepak bola asal negara berjuluk Synio-Zhovti tersebut bertambah atau berkurang karena bursa transfer tengah berlangsung.

Baca Juga: 6 Pengguna Nomor 11 AS Roma sebelum Artem Dovbyk

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya