TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Sporting CP Hengkang ke Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024

Semua masih berusia muda

Issahaku Fatawu (instagram.com/issahakufatawu10)

Sporting CP masih menjadi raksasa yang sangat diperhitungkan, khususnya ketika mentas di kancah domestik sepanjang 2023/2024. Bukan tanpa alasan, tim asal Lisboa ini sanggup menunjukkan konsistensi sehingga memenangkan Primeira Liga Portugal. Ruben Amorim selaku pelatih sukses meramu komposisi skuad yang berisikan talenta muda potensial dan pemain dengan segudang pengalaman.

Tak berpuas diri, Sporting CP tetap melakukan aktivitas berburu penggawa baru pada musim panas 2024. Tim ibu kota Portugal ini rela menggelontorkan uang untuk mendaratkan empat pemain incaran ke Estadio Jose Alvalade. Hal tersebut dilakukan agar Leoes tetap kompetitif di semua ajang 2024/2025.

Selain itu, Sporting CP juga bersih-bersih skuad dengan melepas sebanyak 15 penggawa lama yang tidak cocok rencana taktik. Para pesepak bola ini kemudian tersebar di berbagai negara untuk melanjutkan karier. Bahkan, terdapat tiga pemain Leoes yang hengkang ke liga top Eropa pada musim panas 2024. Lantas, siapa saja pesepak bola yang berkesempatan merasakan atmosfer persaingan di kompetisi elite Benua Biru tersebut? Mari baca daftar di bawah ini ya!

1. Issahaku Fatawu dipermanenkan Leicester City sampai 2029 berkat rekam jejak luar biasa

Issahaku Fatawu (instagram.com/issahakufatawu10)

Issahaku Fatawu adalah penyerang sayap yang diboyong Sporting CP dari Steadfast FC pada April 2022. Pesepak bola berkebangsaan Ghana ini terlebih dahulu harus menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama skuad U-23. Benar saja, dia dianggap sebagai salah satu bakat menjanjikan sehingga mendapat kesempatan emas promosi ke tim senior Leoes pada musim panas 2022.

Issahaku Fatawu tidak bisa memperoleh kesempatan tampil secara reguler bersama Sporting CP. Ini terjadi karena ia masih minim pengalaman dan ketatnya persaingan di lini serang tim ibu kota Portugal. Dirinya bahkan beberapa kali harus membela Sporting B demi mendapat menit bermain. Fatawu sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 12 pertandingan dengan menyumbang 1 assist bersama skuad senior Leoes.

Demi menjemput kemungkinan lain, Sporting CP setuju meminjamkan Issahaku Fatawu kepada Leicester City pada musim panas 2023. Keputusan tersebut tepat, dirinya sukses menjelma sebagai salah satu figur kunci dalam skema taktik. Dia sering diberikan kesempatan menghiasi starter di berbagai ajang. Usahanya tak sia-sia, pemain kelahiran Tamale ini berperan penting mengantar The Foxes menjuarai Championship Inggris sehingga berhak promosi ke Premier League 2024/2025.

Berkat rekam jejak luar biasa selama masa peminjaman, Leicester City membuat keputusan untuk memboyong permanen Issahaku Fatawu dari Sporting CP pada musim panas 2024. Tim asal Inggris ini harus menebusnya seharga 14 juta poundsterling atau Rp283 miliar dari Leoes. Penyerang sayap yang kini berusia 20 tahun ini memperoleh kontrak jangka panjang yang berlaku sampai 2029.

Kehadirannya sanggup menambah opsi rotasi karena bisa mengisi posisi penyerang sayap dan gelandang sayap. Hingga pekan keempat, dia sudah bermain dalam 4 pertandingan dengan membuat 1 assist di semua ajang 2024/2025. Sementara ini, Fatawu sendiri membuat total kontribusi sebanyak 48 kali dengan mencetak 7 gol dan 14 assist.

2. Mateus Fernandes diboyong Southampton dengan kontrak jangka panjang sampai 2029

Mateus Fernandes (instagram.com/mateus.fernandes82)

Mateus Fernandes merupakan gelandang tengah jebolan akademi sepak bola Sporting CP. Talenta kelahiran Olhao ini sudah pernah merasakan atmosfer persaingan di berbagai kelompok umur. Dirinya bahkan beberapa kali dianggap sebagai sosok menjanjikan sehingga diberikan kesempatan merumput membela skuad senior Leoes.

Usahanya berbuah manis, Mateus Fernandes akhirnya mendapat promosi ke skuad senior Sporting CP pada musim panas 2023. Namun, ia bertahan singkat lantaran langsung dikirim untuk menjalani masa peminjaman kepada Estoril Praia. Ini agar membuat performanya lebih matang dan berkembang. Meski berstatus pinjaman, dia bertransformasi sebagai salah satu kunci permainan Canarinhos 2023/2024. Dirinya sanggup mengisi berbagai posisi di lini tengah. Fernandes sendiri mencatatkan total kontribusi sebanyak 35 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan 3 assist di semua kompetisi.

Setelah sukses tampil mengesankan selama masa peminjaman, Mateus Fernandes bergabung lagi dengan Sporting CP pada musim panas 2024. Dirinya tercatat sudah berkontribusi sebanyak 10 pertandingan dengan mencetak 1 gol dan1 assist bersama Leoes. Gelandang muda tersebut ternyata sukses memikat perhatian Southampton.

Benar saja, Southampton memboyong Mateus Fernandes dari Sporting CP pada musim panas 2024. The Saints membelinya seharga 15 juta poundsterling atau sekitar Rp303 miliar dari Leoes. Gelandang yang kini berusia ini dianggap memiliki masa depan cerah sehingga dipagari kontrak jangka panjang yang berlaku sampai 2029. Hingga pekan keempat, Fernandes telah diberikan kesempatan tampil sebanyak 5 pertandingan dengan membuat 1 gol dan 1 assist di semua ajang 2024/2025.

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya