TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Real Sociedad Pindah ke Tim LaLiga Lain pada Musim Panas 2024

Dua di antaranya berlabuh ke Getafe

Robin Le Normand (instagram.com/lenormand_r)

Real Sociedad tidak membuang-buang kesempatan untuk memperkuat fondasi pada musim panas 2024. Sementara ini, tim asuhan Imanol Alguacil tersebut telah berhasil mengamankan tanda tangan tiga penggawa baru. Kehadiran mereka tentu membawa harapan besar untuk mendongkrak performa Txuri-Urdin agar bisa berbicara banyak di semua kompetisi 2024/2025.

Selain mendapat suntikan tenaga baru, Real Sociedad juga melepas beberapa penggawa lama yang sudah tidak masuk skema permainan. Ini membuat para pesepak bola tersebut harus mencari pelabuhan baru demi mengembangkan kariernya. Ternyata, ada empat pemain Txuri-Urdin yang pindah ke tim LaLiga lainnya pada musim panas 2024. Siapa saja mereka dan tim mana yang menjadi tujuan? Mari simak tulisan di bawah ini!

1. Robin Le Normand ditebus dengan harga sebesar 34,5 juta euro oleh Atletico Madrid

Robin Le Normand (instagram.com/lenormand_r)

Robin Le Normand adalah bek tengah yang bergabung dengan Real Sociedad B dari Stade Brestois B pada musim panas 2016. Pesepak bola kelahiran Pabu ini dianggap sebagai talenta potensial sehingga memperoleh kesempatan emas promosi ke skuad senior Txuri-Urdin pada musim panas 2019. Dirinya diproyeksikan untuk meningkatkan kualitas dan kedalaman jantung pertahanan tim asal kota San Sebastian.

Tak butuh waktu lama, Robin Le Normand berhasil menjelma sebagai salah satu figur penting jantung pertahanan Real Sociedad. Hal tersebut membuatnya sering dipasang selama 90 menit. Pesepak bola bertinggi 187 cm ini bahkan ikut berjasa membawa Txuri-Urdin mengukir sejarah karena untuk pertama kali memenangkan Copa del Rey 2019/2020. Le Normand sendiri berhasil mencatatkan total kontribusi sebanyak 221 kali dengan menyumbang 6 gol dan 6 assist di semua kompetisi.

Berkat kinerja impresif selama berseragam Real Sociedad, Robin Le Normand menarik perhatian Atletico Madrid sehingga benar-benar didatangkan pada musim panas 2024. Dirinya ditebus dengan harga 34,5 juta euro atau sekitar Rp608 miliar. Dia kabarnya mendapat kontrak jangka panjang bersama Los Colchoneros. Talenta yang kini berusia 27 tahun ini berpotensi besar menjelma sebagai salah satu tumpuan jantung pertahanan tim ibu kota Spanyol tersebut.

2. Diego Rico dipermanenkan Getafe berkat performa solid sepanjang 2023/2024

Diego Rico (instagram.com/diegorico26)

Diego Rico merupakan bek kiri yang memperkuat Real Sociedad setelah didatangkan dari AFC Bournemouth pada musim panas 2021. Tak langsung mulus, talenta kelahiran Burgos ini sempat mengalami cedera otot ketika awal kedatangannya bersama Txuri-Urdin. Selepas pulih, dirinya cukup sering memperoleh kesempatan tampil sebagai starter. Rico sendiri membuat total kontribusi dalam 57 pertandingan dengan menorehkan 1 gol dan 1 assist di berbagai ajang untuk tim asal kota San Sebastian.

Tak masuk skema taktik, Real Socided sepakat meminjamkan Diego Rico kepada Getafe pada tenggat waktu musim panas 2023. Dirinya merumput bersama Azulones hingga Juni 2024. Meski masih berstatus pinjaman, talenta yang kini berusia 31 tahun ini mampu memperoleh banyak menit bermain. Selain bek kiri, dia beberapa kali pernah bertugas menjadi gelandang kiri dan bek tengah tergantung kebutuhan taktik. Pada 2023/2024, Rico sudah tampil sebanyak 35 laga dengan menciptakan 7 assist di semua ajang.

Berkat performa solid selama masa peminjaman, Diego Rico dipermanenkan Getafe pada musim panas 2024. Azulones harus membayar kepada Real Sociedad sebesar 1,5 juta euro atau sekitar Rp26 miliar. Pesepak bola bertinggi183 cm tersebut menandatangani kontrak hingga 2026. Rico sendiri memiliki pengalaman untuk menambah kekuatan jantung pertahanan dan area tengah Azulones.

Baca Juga: 3 Pemain Real Sociedad di Skuad Spanyol untuk Olimpiade 2024 Paris

3. Alex Sola gabung dengan Getafe sampai 2027

Alex Sola (instagram.com/getafecf dan aleexsolaa)

Alex Sola adalah penyerang sayap yang mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Real Sociedad. Pemain berkebangsaan Spanyol ini sudah merasakan tampil di berbagai kategori umur. Dirinya juga sempat dipinjamkan kepada CD Numancia demi membuat performanya lebih matang. Selepas itu, Sola dipercaya promosi ke skuad senior Txuri-Urdin pada musim panas 2022. 

Langkahnya tak mudah, Alex Sola harus puas berperan sebagai pelapis sehingga minim kontribusi untuk Real Sociedad. Selain itu, cedera juga menghambat performanya. Pesepak bola berkebangsaan Spanyol ini tercatat tampil sebanyak 21 pertandingan bersama Txuri-Urdin.

Real Sociedad kemudian meminjamkan Alex Sola kepada Deportivo Alaves pada tenggat waktu musim panas 2023. Talenta yang kini berusia 25 tahun ini merumput bersama Babazorros hingga Juni 2024. Kedatangannya ternyata bisa menambah opsi rotasi. Selain penyerang sayap, dia beberapa kali diplot menjadi gelandang kanan dan bek kanan. Sepanjang 2023/2024, Sola telah bermain dalam 33 pertandingan dengan menciptakan 4 assist di berbagai kompetisi.

Selepas kembali, Alex Sola ternyata tidak masuk skema taktik Real Sociedad sehingga bergabung dengan Getafe pada musim panas 2024. Azulones harus merogoh kocek sekitar 1 juta euro atau Rp18 miliar demi mendapatkan talenta bertinggi 178 cm tersebut. Dirinya memperoleh kontrak sampai 2027. Kedatangannya berpotensi meningkatkan pilihan rotasi karena sanggup mengisi beberapa peran di sisi kanan permainan.

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya