TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Pinjaman Bologna pada Musim Panas 2024, Mengisi Berbagai Lini

Dua di antaranya dari sesama tim Serie A Italia

Tommaso Pobega (bolognafc.it)

Setelah menorehkan performa impresif sepanjang 2023/2024, Bologna harus ditinggal oleh Thiago Motta yang sepakat untuk melanjutkan karier kepelatihannya bersama Juventus pada musim panas 2024. Ini membuat I Veltri bergegas mencari juru taktik pengganti yang dirasa cocok dengan proyek masa depan. Mereka lantas berhasil merekrut Vincenzo Italiano dan dipagari kontrak sampai 2026.

Selain itu, Bologna juga terlihat sibuk merakit kekuatan pada musim panas 2024. Tim asal Italia ini tercatat telah ditinggal sekitar 13 penggawa lama, termasuk Riccardo Calafiori dan Johsua Zirkzee yang sebelumnya memiliki kontribusi sangat penting dalam skema taktik. Meski begitu, kepergian mereka semua ternyata mampu menghasilkan kucuran dana segar bagi I Veltri.

Bologna kemudian berburu tenaga baru untuk memperdalam kekuatan di berbagai sektor permainan. Benar saja, mereka telah resmi mendaratkan sebelas nama ke Stadio Renato Dall'Ara. Selain dibeli permanen dan didapatkan cuma-cuma, ada tiga pemain I Veltri yang berstatus pinjaman dari tim lain pada musim panas 2024. Langkah tersebut diambil agar tetap bisa bersaing di berbagai ajang 2024/2025.

1. Nicolo Casale dipinjam Bologna sampai Juni 2025 dengan opsi pembelian

Nicolo Casale (kiri) (bolognafc.it)

Nicolo Casale adalah bek tengah yang bergabung dengan Lazio setelah didatangkan dari Hellas Verona pada musim panas 2022. Pesepak bola kelahiran Negrar ini dianggap memiliki masa depan cerah sehingga dipagari kontrak jangka panjang selama 5 tahun. Kedatangannya membawa angin segar untuk meningkatkan kualitas jantung pertahanan I Biancocelesti.

Tak butuh waktu adaptasi lama, Nicolo Casale sering dipercaya mewarnai daftar starter Lazio. Dirinya sukses bertransformasi sebagai salah satu sosok penting di area belakang. Namun, seiring berjalannya waktu, perannya mulai tergeser sehingga beberapa kali harus puas menghabiskan waktu di bangku cadangan. Selain itu, talenta bertinggi 191 cm ini juga sempat mengalami cedera otot. Casale sendiri telah diturunkan sebanyak 63 kali dengan menyumbang 1 gol dan 1 assist di semua ajang.

Memanfaatkan hal tersebut, Bologna sepakat untuk meminjam Nicolo Casale dari Lazio pada musim panas 2024. I Veltri harus merogoh kocek sebesar 1,5 juta euro atau Rp26 miliar demi menghadirkannya ke Stadio Renato Dall'Ara. Talenta yang kini berusia 26 tahun ini akan merumput sampai Juni 2025 dengan opsi pembelian. Kehadirannya berpotensi meningkatkan persaingan dan kualitas jantung pertahanan. Hingga pekan ketiga, Casale sendiri telah bermain dalam dua pertandingan di Serie A Italia 2024/2025.

2. Samuel Iling-Junior langsung dipinjamkan Aston Villa kepada Bologna sampai Juni 2025

Samuel Iling-Junior (bolognafc.it)

Samuel Iling-Junior merupakan peyerang sayap yang didapatkan Juventus dari akademi Chelsea pada musim panas 2020. Talenta kelahiran London tersebut kembali ditempa dan kali ini bersama akademi La Vecchia Signora. Dirinya dipercaya menunjukkan kualitas di berbagai kelompok umur. Usahanya membuahkan hasil, Iling-Junior berhasil dipromosikan ke skuad senior pada Desember 2022 dan memperoleh perpanjangan kontrak yang berdurasi sampai 2025.

Tak berjalan mulus, Samuel Iling-Junior diplot sebagai pelapis lantaran ketatnya persaingan lini depan Juventus. Ini membuatnya memperoleh menit bermain yang terbilang minim. Selain itu, posisinya juga sempat dirotasi menjadi gelandang kiri dan gelandang tengah sesuai kebutuhan taktik. Meski begitu, dia ikut berjasa membawa La Vecchia Signora memenangkan Coppa Italia 2024. Iling Junior sendiri mencatatkan total kontribusi dalam 45 pertandingan dengan mengemas 2 gol dan 4 assist.

Sulit menembus skuad inti Juventus, Samuel Iling-Junior setuju pergi setelah menerima tawaran Aston Villa pada musim panas 2024. The Villans memboyongnya dengan harga sekitar 14 juta euro atau Rp239 miliar. Dia disodori kontrak jangka panjang berdurasi sampai 2029. Dirinya berpeluang menambah pilihan di sektor sayap penyerangan The Villans. 

Belum sempat melakoni debut, Samuel Iling-Junior langsung dipinjamkan Aston Villa kepada Bologna pada musim panas 2024. Ini demi membuat performanya lebih matang dan berkembang. Dia akan memperkuat I Veltri sampai Juni 2025. Talenta yang kini berusia 20 tahun tersebut berpeluang cepat melakukan adaptasi lantaran sudah mengenal atmosfer sepak bola Italia.

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya