TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Pemain yang Pergi Permanen dari Valencia pada Musim Panas 2023

Ada yang meninggalkan kompetisi Eropa

Edinson Cavani (twitter.com/ECavaniOfficial)

Valencia mengarungi musim yang sulit pada 2022/2023. Mereka menunjukkan performa yang tidak konsisten sehingga harus memecat Gennaro Gattuso dari jabatan pelatih. Los Ches kemudian mencari pengganti dengan merekrut Voro sebagai juru taktik sementara.

Hanya menemani dalam tiga pertandingan, posisi Voro kemudian digantikan oleh Ruben Baraja sebagai pelatih baru Valencia. Juru taktik asal Spanyol ini rencananya akan bertahan di Mestalla hingga 2025. Los Ches kemudian harus puas bercokol pada peringkat ke-16 LaLiga 2022/2023.

Valencia tentu tidak mau mengalami performa yang mengecewakan lagi. Mereka lantas terlihat aktif membenahi kekuatan pada musim panas 2023. Selain mendatangkan tenaga baru, tim asal Spanyol ini sudah melepas setidaknya enam pemain lama secara permanen. Siapa saja penggawa yang hengkang dari Los Ches tersebut? Mari baca tulisan di bawah ini!

1. Edinson Cavani melanjutkan karier bersama Boca Juniors

Edinson Cavani adalah penyerang veteran yang bergabung dengan Valencia secara gratis dari Manchester United pada musim panas 2022. Pesepak bola berkebangsaan Uruguay ini mendapat kontrak selama dua tahun bersama Los Ches. Pengalamannya diproyeksikan membantu menambah daya gedor dan produktivitas lini depan tim.

Meski sudah tidak muda lagi, Edinson Cavani sering dipasang sebagai starter di berbagai ajang. Perannya masih penting untuk lini depan Valencia. Pemain kelahiran Salto ini mencatatkan 28 penampilan dengan menyumbang 7 gol dan 2 assist. Namun, dirinya memilih untuk menyelesaikan kontrak dengan membayar denda ke Los Ches sehingga dilepas gratis pada musim panas 2023. Dia lantas melanjutkan karier ke Argentina dengan membela Boca Juniors.

2. Uros Racic diboyong oleh Sassuolo

Uros Racic (twitter.com/SassuoloUS)

Uros Racic adalah gelandang tengah yang bergabung dengan Valencia setelah didatangkan dari Red Star Belgrade pada musim panas 2018. Dirinya setuju untuk menandatangani kontrak selama empat tahun bersama Los Ches. Dia hadir untuk menambah kekuatan terutama pada sektor lini tengah.

Uros Racic ternyata kesulitan menembus skuad utama Valencia sehingga harus dipinjamkan ke tim lain. Dirinya berhasil menunjukkan perkembangan selepas masa peminjaman sampai sering dipasang sebagai starter untuk Los Ches. Tak hanya itu, gelandang asal Serbia ini mendapat perpanjangan kontrak hingga 2024.

Namun, seiring berjalannya waktu, Uros Racic tidak masuk rencana Valencia dan harus dipinjamkan lagi ke tim lain. Pemain 25 tahun ini sudah tampil dalam 70 laga dengan membuat 2 gol dan 2 assist bersama Los Ches. Dirinya kemudian memilih pergi secara permanen setelah diboyong oleh US Sassuolo pada musim panas 2023.

Baca Juga: 11 Fakta Yunus Musah, Gelandang Muda Bertalenta Milik AC Milan

3. Jorge Saenz berhasil dipermanenkan CD Leganes

Jorge Saenz (instagram.com/jorgesaenz_)

Jorge Saenz merupakan bek tengah yang didatangkan Valencia dari CD Tenerife pada musim panas 2019. Dirinya dianggap sebagai rekrutan penting sehingga dipagari kontrak jangka panjang selama lima tahun. Pesepak bola kelahiran Santa Cruz de Tenerife ini bisa menjadi opsi lini belakang Los Ches.

Bek tengah 26 tahun ini ternyata sulit mendapat kesempatan reguler bersama Valencia. Dirinya lebih sering dipinjamkan ke beberapa tim yang ada di Spanyol. Jorge Saenz bahkan belum melakukan debut sama sekali bersama Los Ches.

Jorge Saenz bisa menunjukkan performa yang baik saat menjalani masa peminjaman di CD Leganez. Dirinya kemudian dipermanenkan pada musim panas 2023. Pemain berkebangsaan Spanyol ini setuju menandatangani kontrak hingga 2025 bersama tim berjuluk Los Pepineros tersebut.

4. Yunus Musah menerima pinangan dari AC Milan

Yunus Musah merupakan gelandang tengah yang sudah menimba ilmu di akademi milik Valencia. Dirinya mampu menampilkan performa yang impresif sehingga mendapat promosi ke skuad utama pada 2020. Selain itu, dia setuju menandatangani kontrak sampai 2026 untuk bertahan di Mestalla.

Yunus Musah bertransformasi menjadi instrumen penting di lini tengah Valencia. Selain memiliki visi permainan, dirinya bisa mengatur tempo pertandingan. Dia juga mempunyai kecepatan yang bisa merepotkan pertahanan lawan. Pesepak bola kelahiran New York ini sudah mencatatkan 108 laga dengan mencetak 5 gol dan 3 assist di berbagai kompetisi.

Portofolio mentereng selama membela Valencia sukses memikat AC Milan pada musim panas 2023. Rossoneri harus menebusnya dengan harga sekitar 20 juta euro atau Rp332 miliar dari Los Ches. Yunus Musah juga mendapat kontrak jangka panjang sampai 2028 bersama tim asal Italia tersebut.

5. Toni Lato pergi secara gratis ke RCD Mallorca

Toni Lato (instagram.com/tonilato)

Toni Lato adalah bek kiri jebolan akademi milik Valencia. Dirinya pernah tampil dalam beberapa kategori umur dan sukses mendapat promosi ke tim utama pada 2017. Dia diplot untuk membantu lini pertahanan dan penyerangan Los Ches.

Kariernya berjalan tidak mulus, Toni Lato sempat dipinjamkan ke beberapa tim untuk mencari menit bermain dan menambah jam terbang. Selepas masa peminjaman, dia masih kesulitan menembus skuad utama Valencia dan lebih sering berperan sebagai pelapis dalam skema permainan tim. Dirinya sudah tampil dalam 104 laga dengan mengukir 3 gol dan 8 assist.

Valencia lantas memilih untuk melepasnya secara gratis pada musim panas 2023. Tak sampai lama menganggur, dirinya menerima tawaran dari RCD Mallorca. Toni Lato setuju berseragam tim berjuluk Los Bermellones ini hingga 2027.

Baca Juga: Bareng Messi, Griezmann Masuk Klub 500 Caps LaLiga

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Kursi bisa mengakibatkan celana menjadi basah saat duduk, karena kursi adalah benda chair.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya