TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Juventus Hengkang ke Liga Inggris pada Musim Panas 2024

Ada yang berkarier di Championship Inggris

Federico Chiesa (liverpoolfc.com)

Juventus melakukan langkah besar pada musim panas 2024. La Vecchia Signora sepakat untuk memecat Massimiliano Allegri dari jabatan pelatih. Tim asal Turin ini lantas bergerak cepat mencari pengganti dan berhasil mendapatkan jasa Thiago Motta. Juru taktik kelahiran Sao Bernardo do Campo tersebut dianggap sebagai figur yang tepat dengan proyek masa depan sehingga dipagari kontrak sampai 2027.

Bersama Thiaggo Motta, Juventus langsung sibuk melakukan bongkar pasang demi memperoleh komposisi kekuatan yang pas pada musim panas 2024. Mereka berhasil mengajak sembilan tenaga baru untuk memperkuat berbagai sektor permainan. Selain itu, La Vecchia Signora juga tidak lupa untuk melepas penggawa lama yang tidak cocok.

Benar saja, Juventus merampingkan skuad dengan melepas sebanyak 20 penggawa lama. Para pesepak bola ini kemudian melanjutkan karier dengan tersebar di berbagai kompetisi. Ternyata, ada tiga pemain La Vecchia Signora yang sepakat hengkang ke Liga Inggris pada musim panas 2024. Lantas, siapa saja pesepak bola yang dimaksud tersebut dan seperti apa rekam jejaknya? Mari baca ulasan berikut ini ya!

1. Dean Huijsen diboyong Bournemouth dengan kontrak jangka panjang sampai 2030

Dean Huijsen (afcb.co.uk)

Dean Huijsen adalah bek tengah jebolan akademi sepak bola Juventus. Talenta kelahiran Amsterdam ini telah menampilkan kinerjanya di berbagai kelompok umur. Benar saja, dirinya sukses mencuri perhatian dan dianggap sebagai salah satu aset masa depan sehingga dipromosikan ke skuad senior La Vecchia Signora pada musim panas 2023.

Langkahnya tak mudah, Dean Huijsen ternyata kalah bersaing dengan penggawa lini belakang lain Juventus pada 2023/2024. Hal tersebut membuatnya memperoleh menit bermain yang sedikit. Dia tercatat hanya diturunkan dalam satu pertandingan sebagai pengganti di Serie A Italia.

Sulit menggeser penggawa lain, Juventus lantas sepakat untuk meminjamkan Dean Huijsen kepada AS Roma pada musim dingin 2024. Talenta berkebangsaan Spanyol ini memperkuat I Giallorossi sampai Juni 2024. Benar saja, dia sanggup menambah pilihan rotasi lini belakang tim ibu kota Italia tersebut. Selain itu, dirinya juga beberapa kali dipercaya tampil sebagai starter. Huijsen sendiri mencatatkan total kontribusi sebanyak 14 pertandingan dengan mengemas 2 gol dan 1 assist di semua ajang pada 2023/2024.

Berkat performa menjanjikan selama masa peminjaman, Dean Hujsen sukses masuk radar transfer Bournemouth sehingga diboyong dari Juventus pada musim panas 2024. Dirinya ditebus seharga 12,8 juta pound sterling atau sekitar Rp260 miliar. Talenta yang kini berusia 19 tahun ini disodori kontrak jangka panjang yang berlaku sampai 2030. Kedatangannya berpotensi meningkatkan rotasi jantung pertahanan The Cherries. Hingga pekan ketiga, Hujsen sendiri telah diturunkan dalam tiga laga di berbagai ajang pada 2024/2025.

Baca Juga: Liverpool Versi Arne Slot: Kesabaran dan Kerapian

2. Federico Chiesa berlabuh ke Liverpool setelah tidak masuk rencana masa depan Juventus

Federico Chiesa (liverpoolfc.com)

Federico Chiesa adalah penyerang sayap yang pertama kali bergabung dengan Juventus dengan status pinjaman dari Fiorentina pada musim panas 2020. Tak butuh waktu adaptasi lama, pesepak bola yang kini berusia 26 tahun ini langsung bertransformasi sebagai salah satu tumpuan permainan tim asal Turin tersebut. Namun, performanya tidak selalu lancaran lantaran sempat mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL). Ini membuatnya harus beristirahat dalam waktu lama.

Meski kontribusinya sempat terganggu, Juventus tetap mempermanenkan Federico Chiesa dari Fiorentina pada musim panas 2022. Selepas pulih, talenta bertinggi 175 cm ini masih bisa menambah opsi rotasi di area depan. Selain itu, dirinya juga ikut berjasa mengantar La Vecchia Signora memenangkan beberapa gelar domestik. Chiesa sendiri mencatatkan total penampilan dalam 131 laga dengan menorehkan 32 gol dan 23 assist.

Federico Chiesa ternyata tidak masuk skema taktik Thiago Motta sehingga dipersilakan pergi dari Juventus pada musim panas 2024. Dirinya lantas berlabuh ke Inggris untuk menerima pinangan Liverpool. The Reds harus merogoh kocek sebesar 12,5 juta pound sterling atau Rp254 miliar. Dia telah menandatangani kontrak berdurasi sampai 2028 demi merumput di Anfield Stadium. Chiesea sendiri berpotensi besar menambah opsi di sisi sayap penyerangan.

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya