TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain FC Basel Pindah ke Tim Liga Top Eropa pada Musim Panas 2024

Dipenuhi oleh talenta muda potensial

Renato Veiga (instagram.com/renatoveiga95)

Setelah nihil trofi sepanjang 2023/2024, FC Basel lantas bergegas merakit kekuatan dengan berusaha memanfaatkan bursa transfer secara optimal pada musim panas 2024. Selain telah menghadirkan beberapa wajah baru ke St. Jakob-Park, skuad bersutan Fabio Calestini tersebut juga sibuk melakukan cuci gudang dengan melepas banyak penggawa lama yang tidak masuk skema taktik. Mereka meninggalkan Rotblau dengan status dijual permanen dan dipinjamkan ke tim lain.

Sejauh ini, sebanyak 16 nama telah resmi pergi dari FC Basel pada musim panas 2024. Ternyata, ada tiga pemain Rotblau yang sepakat pindah ke tim liga top Eropa. Mereka memperoleh kesempatan emas untuk menjajal atmosfer persaingan lebih sengit di berbagai kompetisi elite Benua Biru. Lantas siapa saja pesepak bola yang dimaksud dan seperti apa rekam jejaknya? Mari simak daftarnya di bawah ini ya!

1. Thierno Barry diplot untuk menggantikan peran Alexander Sorloth di Villarreal

Thierno Barry (villarrealcf.es)

Thierno Barry adalah penyerang tengah yang bergabung dengan FC Basel setelah didatangkan dari SK Beveren pada musim panas 2023. Pesepak bola berkebangsaan Prancis ini sepakat menandatangani kontrak sampai 2027 bersama Rotblau. Dirinya diproyeksikan mengemban peran sebagai ujung tombak andalan tim asal Swiss tersebut.

Benar saja, Thierno Barry cepat melakukan adaptasi sehingga sering dipercaya menghiasi daftar starter FC Basel. Ini juga membuatnya memperoleh banyak menit bermain. Selain penyerang tengah, talenta kelahiran Lyon ini pernah bertugas menjadi penyerang sayap dan gelandang sayap Rotblau. Barry sendiri mencatatkan total kontribusi sebanyak 41 laga dengan mengemas 20 gol dan 5 assist di semua ajang.

Hanya bertahan singkat membela FC Basel, Thierno Barry memilih pindah dengan menerima tawaran Villarreal pada musim panas 2024. Pesepak bola yang kini berusia 21 tahun tersebut ditebus dengan harga 14 juta euro atau Rp241 miliar. Dirinya juga dianggap sebagai rekrutan menjanjikan sehingga disodori kontrak jangka panjang sampai 2029.

Selain itu, penyerang bertinggi 195 cm ini diplot untuk menggantikan peran Alexander Sorloth yang gabung ke Atletico Madrid. Hingga pekan ketiga, Barry sendiri telah diturunkan dalam 2 pertandingan dengan menyumbang 1 gol bersama El Submarino Amarillo di LaLiga 2024/2025.

2. Renato Veiga didatangkan Chelsea dengan kontrak jangka panjang sampai 2031

Renato Veiga (chelseafc.com)

Renato Veiga merupakan gelandang bertahan yang pernah berseragam FC Basel setelah diboyong dari Sporting CP B pada musim panas 2024. Talenta berkebangsaan Portugal ini disodori kontrak sampai 2027 demi merumput di St. Jakob-Park. Putra daerah asli Lisboa tersebut membawa harapan untuk meningkatkan kekuatan area tengah dan membantu memperkokoh jantung pertahanan Rotblau.

Tak butuh waktu lama, Renato Veiga langsung menjelma sebagai salah satu tumpuan permainan FC Basel 2023/2024. Dirinya sanggup melakoni banyak peran seperti gelandang bertahan, gelandang tengah, dan bek tengah tergantung kebutuhan skema taktik. Namun, performanya juga sempat terganggu lantaran menderita cedera cedera ankle. Veiga sendiri telah tampil sebanyak 26 pertandingan dengan membuat 2 gol dan 1 assist di semua ajang bersama Rotblau.

Berkat rekam jejak meyakinkan saat membela FC Basel, Renato Veiga mampu membuat Chelsea tertarik sehingga didatangkan pada musim panas 2024. The Blues membelinya dengan harga 12 juta poundsterling atau sekitar Rp245 miliar.

Pesepak bola yang kini berusia 21 tahun ini dipagari kontrak jangka panjang sampai 2031. Dirinya berpeluang menambah rotasi di area tengah dan belakang tim London Barat tersebut. Hingga pekan kedua, Veiga sendiri telah dipercaya bermain dalam tiga pertandingan di semua ajang 2024/2025.

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya