TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Pemain Chelsea yang Dilepas Gratis pada Musim Panas 2024

Dua di antaranya berposisi sebagai bek

Thiago Silva (chelseafc.com)

Chelsea langsung membuat gebrakan besar pada musim panas 2024. Tim asal London Barat tersebut sepakat untuk menyudahi kerja sama dengan Mauricio Pochettino. The Blues lantas cepat mencari pengganti yang dianggap lebih cocok dengan rencana masa depan sehingga mendatangkan Enzo Maresca. Pelatih berkebangsaan Italia ini rencananya akan bertahan sampai 2029.

Chelsea kemudian melakukan pembenahan kekuatan dengan mendatangkan tenaga baru yang didominasi oleh talenta muda potensial pada musim panas 2024. The Blues ingin memiliki fondasi yang solid di berbagai lini sehingga bisa tampil kompetitif dalam waktu lama. Sementara ini, sudah ada sekitar enam penggawa yang berhasil diboyong ke Stamford Bridge.

Selain mendatangkan tenaga baru, Chelsea juga melepas beberapa penggawa lama yang tak masuk skema taktik. Bahkan, ada sekitar tiga pemain The Blues yang harus pergi secara gratis. Lantas, siapa saja pesepak bola yang hengkang dengan cuma-cuma tersebut? Mari baca tulisan di bawah ini ya!

1. Thiago Silva memilih pulang ke Brasil untuk kembali bergabung dengan Fluminense

Thiago Silva (twitter.com/tsilva3)

Thiago Silva adalah bek tengah yang bergabung dengan Chelsea secara gratis dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2020. Meski sudah tidak muda lagi, pesepak bola berkebangsaan Brasil ini mampu menambah kedalaman jantung pertahanan The Blues. Dirinya bahkan cukup sering dipercaya tampil untuk mengisi daftar starter di berbagai ajang.

Talenta kelahiran Rio de Janeiro ini ikut mengantar Chelsea memenangkan beberapa trofi bergengsi. Selain itu, Thiago Silva juga diplot sebagai mentor bagi para penggawa muda tim London Barat tersebut. Dirinya tercatat sudah membuat total kontribusi sebanyak 155 pertandingan dengan mengemas 9 gol dan 4 assist selama berseragam The Blues.

Setelah kontraknya tidak diperpanjang Chelsea, Thiago Silva dilepas gratis sehingga memilih pulang ke Brasil untuk kembali memperkuat Fluminense pada musim panas 2024. Dirinya setuju menandatangani kerja sama sampai 2026 bersama Time de Guerreiros. Pengalamannya berpotensi meningkatkan kualitas jantung pertahanan tim asal Rio de Janeiro tersebut.

Benar saja, Thiago Silva langsung mendapat peran sebagai salah satu instrumen penting di area pertahanan Fluminense 2024. Selain itu, dirinya juga mengemban jabatan kapten Time de Guerreiro. Hingga pekan ke-19, talenta bertinggi 181 cm tersebut diturunkan dalam dua pertandingan di Serie A Brasil. Sejauh ini, Silva sudah mencatatkan total penampilan sebanyak 99 kali dengan menyumbang 9 gol dan 4 assist.

2. Hakim Ziyech dipermanenkan Galatasaray hingga 2025

Hakim Ziyech (instagram.com/hziyech)

Selepas tampil impresif bersama Ajax Amsterdam, Hakim Ziyech setuju melanjutkan karier bersama Chelsea pada musim panas 2020. Pesepak bola berkebangsaan Maroko ini dianggap sebagai bakat menjanjikan sehingga dipagari kontrak jangka panjang selama lima tahun. Kehadirannya membawa harapan untuk meningkatkan daya gedor dan kreativitas sisi kanan penyerangan The Blues.

Tak berjalan sesuai rencana, Hakim Ziyech ternyata kesulitan menembus skuad inti Chelsea. Hal tersebut membuatnya memperoleh menit bermain yang tidak terlalu banyak. Selain penyerang sayap kanan, dirinya juga pernah digeser menjadi gelandang kanan, gelandang tengah, dan penyerang bayangan tergantung kebutuhan taktik. Meski begitu, pemain yang kini berusia 31 tahun ini ikut membawa The Blues memenangkan berbagai trofi bergengsi. Ziyech sendiri tercatat telah tampil dalam 107 kali dengan mengumpulkan 14 gol dan 13 assist di semua ajang.

Chelsea kemudian sepakat untuk meminjamkan Hakim Ziyech kepada Galatasaray pada musim panas 2024. Dirinya merumput bersama tim asal Turki tersebut hingga Juni 2024. Kedatangannya ternyata bisa menambah opsi rotasi. Talenta kelahiran Dronten ini sudah dimainkan menjadi penyerang sayap kanan dan gelandang serang sesuai kebutuhan taktik. Pada 2023/2024, Ziyech sendiri menciptakan 8 gol dan 4 assist dari 23 pertandingan di semua ajang.

Meski masih menyisakan kontrak bersama Chelsea, Hakim Ziyech dilepas gratis untuk bergabung permanen dengan Galatasaray pada musim panas 2024. Dia menandatangani kerja sama hingga 2025 demi bertahan di RAMS Park. Talenta bertinggi 180 cm ini memiliki pengalaman yang berpotensi meningkatkan kualitas lini depan Cimbom.

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya