TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Bek Italia di Premier League 2024/2025, Riccardo Calafiori Terbaru!

Dua di antaranya baru gabung

Riccardo Calafiori (twitter.com/Arsenal)

Riccardo Calafiori sukes mencuri perhatian berkat performa solid bersama Bologna. Selain itu, dirinya juga tampil impresif ketika mentas bersama Timnas Italia di Euro 2024. Hal tersebut berdampak positif, pesepak bola kelahiran Roma ini menjadi komoditas rebutan bagi beberapa tim raksasa Eropa pada musim panas 2024. Dia lantas membuat keputusan melanjutkan karier dengan membela Arsenal. The Gunners harus merogoh kocek sebesar 42 juta poundsterling atau sekitar Rp880 miliar demi menebusnya dari I Felsinei.

Kehadiran Riccardo Calafiori ternyata menambah jumlah bek berkebangsaan Italia yang membangun karier bersama tim English Premier League (EPL) 2024/2025. Termasuk dirinya, ada sekitar empat bek asal Negeri Pizza sedang menghiasi kasta tertinggi sepak bola Inggris tersebut. Lantas, siapa saja mereka dan tim mana yang diperkuat? Mari baca ulasan di bawah ini ya!

1. Riccardo Calafiori memilih melanjutkan karier bersama Arsenal sampai 2029

Riccardo Calafiori (kanan) (twitter.com/Arsenal)

Riccardo Calafiori merupakan bek tengah yang pernah merumput bersama Bologna setelah didatangkan dari FC Basel pada musim panas 2023. Talenta kelahiran Roma ini langsung menjelma sebagai salah satu instrumen kunci di area pertahanan. Selain itu, posisinya juga bisa dirotasi menjadi bek kiri tergantung kebutuhan taktik. Hasilnya tak sia-sia, pemain berkebangsaan Italia ini ikut berperan penting mengantar I Felsinei mengukir sejarah karena untuk pertama kali akan mentas di Liga Champion Eropa 2024/2025. Calafiori sendiri tercatat sudah diturunkan sebanyak 33 kali dengan mengemas 2 gol dan 5 assist di semua ajang.

Berkat portofolio menjanjikan selama berseragam Bologna, Riccardo Calafiori masuk radar transfer banyak raksasa Eropa pada musim panas 2024. Talenta yang kini berusia 22 tahun ini memilih melanjutkan karier ke Inggris dengan menerima tawaran Arsenal. Dirinya juga setuju menandatangani kontrak jangka panjang sampai 2029. Calafiori sendiri memiliki kemampuan yang solid sehingga berpotensi besar menambah opsi rotasi posisi bek tengah dan bek kiri The Gunners.

2. Caleb Okoli menerima tawaran Leicester City pada musim panas 2024

Caleb Okoli (instagram.com/caleb_okoli)

Caleb Okoli adalah bek tengah yang pernah mengenyam pendidikan di akademi sepak bola Atalanta. Pesepak bola yang kini berusia 23 tahun ini kemampuannya ditempa di berbagai kategori umur. Benar saja, dirinya dianggap sebagai talenta muda menjanjikan sehingga memperoleh kesempatan emas untuk promosi ke skuad senior La Dea pada musim panas 2020.

Caleb Okoli ternyata kesulitan bersaing dengan penggawa lini belakang lain Atalanta. Dirinya kemudian sempat melakoni masa peminjaman kepada beberapa tim seperti SPAL, US Cremonese, dan Frosinone. Hal ini dilakukan agar ia bisa memperoleh jam terbang. Setelah kembali, dia masih bukan pilihan utama di jantung pertahanan tim asal Bergamo tersebut. Okoli sendiri hanya mengumpulkan total kontribusi sebanyak 17 pertandingan di Serie A Italia bersama La Dea. 

Tak kunjung dipercaya masuk skuad inti, Caleb Okoli memilih hengkang secara permanen dari Atalanta dengan menerima tawaran Leicester City pada musim panas 2024. Pesepak bola berkebangsaan Italia tersebut disodori kontrak jangka panjang sampai 2029 demi merumput di King Power Stadium. Bek tengah muda potensial ini berpeluang meningkatkan kualitas permainan jantung pertahanan The Foxes. 

Baca Juga: 6 Pemain Serie A yang Didatangkan Arsenal sebelum Riccardo Calafiori

3. Emerson Palmieri bisa melakoni peran menjadi bek kiri dan gelandang kiri di West Ham United

Emerson Palmieri (instagram.com/emersonpalmieri)

Setelah tidak masuk rencana masa depan Chelsea, Emerson Palmieri sepakat hengkang dengan berlabuh ke West Ham United pada musim panas 2022. Bek kiri berkebangsaan Italia ini langsung dipagari kontrak selama empat tahun. Kehadirannya membawa harapan untuk meningkatkan kinerja lini belakang dan membantu penyerangan melalui sektor sayap kiri The Hammers.

Emerson Palmieri perlahan menjelma sebagai salah satu figur penting dalam skema taktik West Ham United. Meski posisi aslinya bek kiri, dirinya juga mampu melakoni peran menjadi gelandang kiri. Talenta yang kini berusia 29 tahun ini juga sudah berhasil membawa The Hammers mengukir sejarah dengan memenangkan UEFA Conference League 2023. Sejauh ini, Emerson sendiri sudah mengoleksi 3 gol dan 4 assist dari 83 pertandingan di semua kompetisi bersama tim asal London tersebut.

Verified Writer

Tio Wahyu Utomo

Halooo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya