TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wejangan Shin Tae Yong ke Timnas U-20 yang Lolos Piala Asia

Tingkatkan kualitas dan panggil pemain diaspora

Shin Tae Yong setelah memantau duel Timnas U-20 vs Yaman di Stadion Madya, Senayan, Minggu (29/9/2024). (IDN Times/Tino).

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong, memberikan wejangan kepada Timnas U-20 yang sukses melenggang ke putaran final Piala Asia U-20 2025. Shin berharap Garuda Muda bisa tampil lebih sempurna.

Bagi Shin, kesempurnaan memang dibutuhkan untuk bersaing di pentas Asia. Dony Tri Pamungkas dan kawan-kawan harus bekerja lebih keras untuk meningkatkan kualitasnya, karena level persaingan di Asia dengan ASEAN jauh berbeda.

Baca Juga: Timnas U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2025 Usai Tahan Yaman

1. Kecepatan dan konsistensi performa harus ditingkatkan

Timnas U-20 lawan Maladewa di Kualifikasi Piala Asia U-20. (Dok. PSSI)

Juru taktik asal Korea Selatan itu menyinggung soal kecepatan dan konsistensi performa tim asuhan Indra Sjafri. Memang, saat bersua Yaman di laga pamungkas Grup F, Minggu (29/9/2024), Timnas U-20 kalah soal kecepatan dan transisi.

Itu yang membuat Timnas U-20 kesulitan membongkar pertahanan Yaman dan harus rela bermain imbang dengan skor 1-1. Di Piala Asia 2025 nanti, Shin harap performanya bisa jauh lebih baik.

"Kami lolos ke Piala Asia, bukan lagi ASEAN. Maka, harus tingkatkan lagi kecepatan pertandingan dan performa pemain," ujar Shin usai menonton langsung laga Timnas U-20 vs Yaman.

2. Timnas U-20 harus gaet pemain diaspora

Indra Sjafri usai antar Timnas Indonesia U-20 ke Piala Asia U-20 2025. (IDN Times/Tino).

Shin juga menyarankan Indra untuk memanggil pemain diaspora, khususnya yang berposisi bek. Pemain dengan postur besar dan tinggi dibutuhkan untuk meredam para raksasa Asia.

"Kalau untuk lini belakang, mungkin dibutuhkan (pemain keturunan). Bermain di level Asia dibutuhkan pemain yang postur tubuhnya tinggi dan kuat. Pemain dengan tenaga yang bagus itu sangat dibutuhkan," ucap Shin.

3. Shin apresiasi performa Timnas U-20

Timnas U-20 lawan Maladewa di Kualifikasi Piala Asia. (Dok. PSSI)

Terlepas dari itu, Shin mengapresiasi performa dan kerja keras Timnas U-20 di kualifikasi. Mereka berhasil menjuarai Grup F, tanpa kekalahan dengan delapan gol dan hanya dua kali kebobolan.

"Melihat kerja keras para pemain, memang semuanya sangat baik," puji Shin.

Baca Juga: Jens Raven di Mata Shin Tae Yong: Belum Layak Tembus Timnas Senior

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya