TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Unai Emery Jenius, Aston Villa Jadi Penghancur The Big Six

Mau kalahkan Aston Villa? Belajar sama Liverpool

Aston Villa tekuk Arsenal 1-0, Sabtu (9/12/2023). (premierleague.com).

Jakarta, IDN Times - Performa Aston Villa begitu perkasa hingga pekan 16 Premier League musim 2023/24. Villans menjelma sebagai penghancur The Big Six yang sudah memakan empat korban.

Arsenal menjadi korban teranyar. The Gunners dibuat bertekuk lutut saat bertandang ke Villa Park. Gol cepat John McGinn membuat Arsenal merasakan kekalahan keduanya di Premier League musim ini.

Chelsea, Tottenham Hotspur dan Manchester City juga telah merasakan kegarangan Ollie Watkins dan kawan-kawannya. Mereka semua keok degan selisih satu gol.

1. Baru Liverpool raksasa yang mampu kalahkan Aston Villa

Selebrasi Mohamed Salah usai membobol gawang Aston Villa. (premierleague.com).

Dari sederet raksasa Inggris, hanya Liverpool yang mampu menjinakkan tim asuhan Unai Emery tersebut. Bersua di Anfield Stadium pada 3 Setepmber 2023 lalu, The Reds sukses mencukur Villans tiga gol tanpa balas.

Aston Villa memang berhasil membuat gigit jari Chelsea, Spurs, ManCity dan Arsenal meski minim penguasaan bola. Namun, mereka tak mampu menahan gempuran Mohamed Salah dan kawan-kawan.

Baca Juga: 3 Fakta Unik di Balik Kekalahan Manchester City dari Aston Villa

2. Aston Villa lagi nyaman di papan atas

Selebrasi pemain Aston Villa usai membobol gawang Arsenal, Sabtu (9/12/2023). (premierleague.com).

Tim yang bermarkas di Birmingham itu juga konsisten menghadapi tim selain The Big Six. Pun, mereka sudah tak tersentuh kekalahan dalam lima laga terakhirnya di Premier League.

Dari 16 laga, Aston Villa berhasil membukukan 11 kemenangan, dua imbang dan hanya menelan tiga kekalahan. Konsistensi itu membantu Villans bertengger di peringkat ketiga dengan torehan 35 poin.

Kini, tinggal Manchester United yang belum mencicipi kegarangan Aston Villa. Pertemuan itu baru akan terlaksana saat Boxing Day, pada 27 Desember 2023 mendatang.

3. Sudah berani bicara kans juara?

Potret Unai Emery saat Aston Villa menghadapi Arsenal, Sabtu (9/12/2023). (AVFC.com).

Namun, meski performa Aston Villa tengah meledak, Unai Emery belum berani untuk membicarakan peluang menyabet trofi musim ini. Juru taktik asal Spanyol itu enggan sesumbar terlebih dahulu, mengingat Premier League belum menyentuh setengah musim.

"Ini baru pekan 16. Kami harus mempertahankan posisi di empat besar, walau memang awalnya kami bukanlah tim pesaing juara. Saya akan berbicara hal itu ketika kami tetap konsisten hingga pekan 30-32," kata Emery dilansir Sky Sports.

"Jika kami terus berada di posisi yang sama seperti sekarang, maka saya baru bisa membicarakannya," ujar pelatih 52 tahun tersebut.

Baca Juga: 5 Klub yang Berhasil Lolos ke Kompetisi Eropa bersama Unai Emery

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya