TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Timnas U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2025 Usai Tahan Yaman

Timnas U-20 lolos otomatis ke Piala Asia

Selebrasi striker Timnas U-20, Jens Raven usai jebol gawang Yaman, Minggu (29/9/2024) (IDN Times / Tino Satrio).

Intinya Sih...

  • Timnas U-20 lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-20 2025 setelah menahan imbang Yaman 1-1
  • Yaman memberikan tekanan tinggi pada babak pertama, namun Timnas U-20 mampu mencetak gol lebih dulu melalui Jens Raven
  • Pelatih Timnas U-20, Indra Sjafri, melakukan empat pergantian pemain di babak kedua dan berhasil mempertahankan skor imbang hingga akhir pertandingan

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-20 sukses melaju ke putaran final Piala Asia U-20 2025. Tiket itu didapat usai menahan imbang Yaman dengan skor 1-1, dalam laga pamungkas Grup F, Minggu (29/9/2024).

Timnas U-20 sebenarnya tampil tertekan sepanjang 45 menit pertama. Mereka tampak tidak nyaman saat menguasai bola, karena tekanan tinggi yang digencarkan Yaman.

Memang, permainan Yaman begitu merepotkan. Lewat kecepatannya di sektor sayap dan kombinasi umpan akuratnya di sepertiga akhir lapangan, mereka mampu melancarkan gelombang serangan.

Skema serangan yang dilancarkan Yaman juga efektif. Beberapa kali, gawang kawalan Ikram Algiffari terancam. Beruntungnya, sepakan keras Yaman jarang menemui target.

Kendati tertekan, Garuda Muda mampu menyengat lebih dulu. Muhammad Ragil memotori serangan balik di sektor kanan, kemudian memberikan umpan tarik kepada Jens Raven.

Raven sukses menuntaskan umpan tersebut dengan maksimal. Dengan ketenangannya, pemain keturunan Indonesia-Belanda itu mampu menggetarkan jala Yaman, meski dikawal dua bek lawan pada menit 45+1.

Namun, Timnas U-20 justru hilang fokus. Mereka kecolongan, usai tendangan melengkung Abdulrahman Al Khadher masuk ke gawang, tiga menit setelahnya. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Pada paruh kedua, pelatih Timnas U-20, Indra Sjafri, langsung merombak taktik. Indra langsung melakukan penyegaran, dengan melakukan empat pergantian pemain di awal babak kedua.

Pendekatan itu mampu membantu Timnas U-20 untuk mendominasi penguasaan bola. Kendati demikian, serangan yang dibangun Timnas U-20 tetap kurang efektif dan sering kehilangan bola di sepertiga akhir lapangan.

Memasuki menit krusial, Yaman menggempur pertahanan Timnas U-20. Maklum, mereka membutuhkan kemenangan untuk menjuarai Grup F demi melenggang ke putaran final Piala Asia U-20 2025.

Namun, Yaman harus gigit jari. Itu karena Kadek Arel dan kawan-kawan mampu mempertahankan kedudukan 1-1 hingga peluit panjang dibunyikan.

Dengan begitu, Timnas U-20 dipastikan lolos ke Piala Asia U-20 2025 dengan status juara grup. Mereka unggul selisih gol atas Yaman, yang sama-sama mengemas tujuh poin.

Sementara, Yaman harus menunggu hasil dari laga lain untuk memperebutkan lima slot runner-up terbaik.

Baca Juga: Line Up Timnas U-20 vs Yaman: Garuda Muda Ganti Formasi?

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya