TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Timnas Indonesia Jamu Australia di SUGBK? 

PSSI berubah rencana

Korea Ultras Garuda saat mendukung Timnas Indonesia vs Irak di SUGBK, 6 Juni 2024. (IDN Times/Naufal Fatahillah).

Intinya Sih...

  • PSSI batal menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo sebagai kandang Timnas Indonesia pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.
  • PSSI membuka peluang menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai arena tempur Pasukan Garuda.
  • Perubahan venue ke SUGBK dibocorkan Australia, PSSI mengganti stadion demi memfasilitasi fans agar lebih banyak yang dapat menonton pertandingan.

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia tampaknya batal berkandang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, PSSI membuka kans menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai arena tempur Pasukan Garuda.

Sebelumnya, tim asuhan Shin Tae Yong bakal melakoni laga kandang pertamanya kontra Australia di stadion yang berlokasi di Surabaya tersebut, 10 September 2024 mendatang. Namun, PSSI mengubah rencananya.

1. Alasan PSSI ganti stadion

Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN, Arya Sinulilngga. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

PSSI telah mengajukan SUGBK untuk menjadi kandang Marselino Ferdinan dan kawan-kawan dalam laga tersebut ke Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Hal ini dibenarkan oleh anggota Eksekutif Komite (Exco) PSSI, Arya Sinulingga.

"Memang, kami intens sekali koordinasi dengan pihak GBK dan melihat peluang menggunakan SUGBK sebagai kandang putaran tiga melawan Australia. Kami juga sudah mengajukannya ke AFC," kata Arya kepada awak media, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga: PSSI Tepis Isu Timnas Indonesia Pakai APBN Buat Sewa Pesawat

2. Dibocorkan Australia lebih dulu

Perubahan venue malah dibocorkan Australia terlebih dahulu. Lewat Instagram resminya, @socceroos menginformasikan mereka bakal menantang Timnas di stadion berkapasitas 78 ribu tersebut.

"Perubahan lokasi, kami akan melawan Timnas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta," tulis Socceroos, Selasa (6/8/2024) pagi WIB.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya