TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Spanyol Juara Euro 2024 Usai Bekuk Inggris

Spanyol tampil dominan atas Inggris

Winger Spanyol, Nico Williams, berselebrasi usai jebol gawang Inggris di final Euro 2024 (UEFA.com)

Jakarta, IDN Times - Spanyol berhasil menjadi juara Euro 2024. Menghadapi Inggris dalam final di Olympiastadion, Berlin, Senin dini hari WIB (15/7/2024), Spanyol menang dengan skor 2-1.

Babak pertama berjalan tawar. Spanyol dan Inggris buntu dan minim menghasilkan peluang. La Furia Roja sejatinya tampil begitu mendominasi. Namun, serangan yang dibangun Lamine Yamal dan kawan-kawan kurang efektif, yang membuat mereka frustrasi sepanjang 45 menit pertama.

Sementara, permainan Inggris tidak berkembang. Tim asuhan Gareth Southgate selalu mentok di sepertiga akhir lapangan lawan, hingga akhirnya skor 0-0 bertahan hingga jeda.

Pada paruh kedua, bentrokan baru berlangsung panas. Kedua tim mampu berbalas gol, yang jalannya pertandingan terasa seru untuk ditonton.

Spanyol mampu membuat kejutan lewat gol kilat Nico Williams. Winger 22 tahun itu mampu menjebol gawang kawalan Jordan Pickford saat duel di babak kedua belum genap berlangsung dua menit, usai menuntaskan umpan silang mendatar Lamine Yamal.

Kondisi tertinggal ini memaksa Southgate melakukan penyegaran, dengan memainkan Ollie Watkins dan Cole Palmer. Ternyata, pendekatan itu berbuah manis karena kedua pemain tersebut mampu memberikan perubahan yang signifikan.

Palmer yang baru beberapa menit di lapangan mampu memecahkan kebuntuan Inggris, menit 73. Bintang Chelsea itu menyambar umpan tarik dari Jude Bellingham ke pojok kanan gawang kawalan Unai Simon.

Namun, kedudukan tersebut tak bertahan lama. Spanyol kembali mengambil alih kendali permainan, usai Mikel Oyarzabal menjebol gawang Inggris, menit 86. Gol Oyarzabal membantu Spanyol tampil lebih nyaman, meski cenderung bertahan.

Inggris terus mencoba memperpanjang napasnya di sisa waktu yang ada. Hanya saja, mereka gagal. Spanyol pun dipastikan juara karena skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Baca Juga: Spanyol Kembali Unggul Lewat Aksi Oyarzabal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya