TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Shin Tae Yong Yakin Hilgers dan Reijnders Tampil vs Bahrain-China

Proses naturalisasinya bisa rampung tepat waktu?

Shin Tae Yong setelah memantau duel Timnas U-20 vs Yaman di Stadion Madya, Senayan, Minggu (29/9/2024). (IDN Times/Tino).

Intinya Sih...

  • Shin Tae Yong pastikan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa bermain untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026
  • Hilgers dan Reijnders akan segera menjadi WNI setelah mengambil sumpah kewarganegaraan di Belanda
  • PSSI menargetkan proses perpindahan federasi kedua pemain itu rampung dalam empat hari setelah sumpah, untuk bisa bermain lawan Bahrain dan China

Jakarta, IDN Times - Shin Tae Yong menjamin Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bisa membela Timnas Indonesia saat menantang Bahrain dan China dalam lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, Oktober 2024.

Shin meyakini proses naturalisasi dan perpindahan federasi kedua pemain keturunan Indonesia-Belanda itu bisa rampung sebelum melawat ke markas Bahrain, 10 Oktober mendatang. Ini kabar baik buat Shin, karena mendapat suntikan amunisi baru untuk memburu kemenangan perdananya di Grup C.

"Bisa, mereka akan gabung untuk melawan Bahrain dan China," ucap Shin Tae Yong saat ditemui di Stadion Madya, Senaya, Minggu (29/9/2024).

1. Hilgers dan Reijnders ambil sumpah 30 September 2024?

Sekjen PSSI, Yunus Nusi. (IDN Times/Tino).

Memang, Hilgers dan Reijnders segera menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI). Mereka dirumorkan bakal mengambil sumpah kewarganegaraan di Belanda, pada Senin (30/9/2024).

Terkait rumor itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, bungkam. Namun, Yunus membocorkan sudah ada anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang sudah berada di Belanda, yakni Arya Sinulingga. Hal itu juga diperkuat lewat pesan berantai terkait undangan proses naturalisasi keduanya.

"Saya tidak bisa memastikan. Tetapi, kami sudah kirim tim ke sana (Belanda), Pak Arya juga sudah ada di sana. Setelah sumpah, baru kami umumkan," ucap Yunus.

Baca Juga: Rizky Ridho Tak Gentar Ada Mees Hilgers di Timnas Indonesia

2. PSSI akan kebut proses Hilgers dan Reijnders

Potret Mees Hilgers di Old Trafford. (YouTube/@fctwente).

Setelah prosesi pengambilan sumpah rampung, PSSI akan mengebut perpindahan federasi Hilgers dan Reijnders. Harapannya, proses itu bisa rampung dalam empat hari setelah sumpah.

"Target kami itu mereka berdua bisa main (lawan Bahrain dan China). Mudah-mudahan segera selesai semuanya. Biasanya perpindahan federasi itu tiga hingga empat hari selesai," ujar Yunus.

3. Hilgers tampil apik bersama Twente

Momen Mees Hilgers mengalungkan bendera Indonesia di pundaknya. (Youtube/@fctwente).

Kehadiran Hilgers dan Reijnders memang bisa menambah kekuatan Timnas. Khususnya Hilgers, yang akan memperkokoh lini belakang skuad Garuda.

Baru-baru ini, Hilgers berhasil mencuri perhatian setelah membantu klubnya, FC Twente menahan imbang Manchester United 1-1 dalam laga perdana Liga Europa musim 2024/25, pada 26 September 2024 lalu.

Baca Juga: Puja-Puji untuk Mees Hilgers di Laga MU vs Twente

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya