TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Muncul Permintaan Liga 1 Dipimpin Wasit Asing

Erick tak memberi respons

Ketum The Jakmania, Diky Soemarno. (Twitter/@DikySoemarno)

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum Jakmania, Diky Soemarno, meminta Ketua Umum PSSI, Erick Thohir untuk mengevaluasi wasit Liga 1. Bertemu di Jakarta, Minggu (1/10/2023), Diky meminta Erick untuk menghadirkan wasit asing di kompetisi tertinggi tanah air tersebut.

Permintaan itu dilayangkan karena kinerja wasit Liga 1 kurang memuaskan. Sejumlah keputusan kontroversial masih dipertontonkan, hingga merugikan sederet klub, termasuk Persija Jakarta.

"Jika memang SDM kita kurang, pak Erick mungkin bisa bilang ke FIFA, untuk mengirimkan wasit (ke Liga 1)," kata Diky saat berdiskusi dengan Erick di Simposium Suporter.

Baca Juga: PSSI Sepakati Hasil Workshop Transformasi Suporter Indonesia

1. Harap wasit asing bisa beri perubahan

Ilustrasi wasit keempat dalam pertandingan sepak bola (unsplash.com/Homer Lopez)

Diky meminta sejumlah wasit asing bisa memimpin jalannya Liga 1, khususnya dalam pertandingan panas. Pun, ini bukan hal baru karena wasit asing pernah meniup peluit di Liga 1 pada musim 2017.

Hanya saja, usulan Diky tak langsung direspons Erick. Pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu hanya menjawab usulan lain dari Diky.

"Saya berharap pak Erick memanfaatkan apa yang dimiliki, koneksi, fasilitas. Kan beberapa tahun lalu pernah pakai wasit asing juga," ujar Diky.

2. Jakmania sudah layangkan protes ke Komite Wasit PSSI

PSSI gelar seleksi wasit untuk Liga 1 musim 2023/24. (Dok. PSSI)

Pelatih Persija, Thomas Doll, memang begitu vokal dalam mengkritisi kinerja wasit Liga 1. Dalam beberapa laga terakhir, juru taktik asal Jerman itu dibuat berang dengan keputusan wasit.

Hal itu memancing Jakmania untuk bersurat ke PSSI untuk mengevaluasi pengadil di lapangan pada  Jumat (29/10/2023). Mereka melihat, dari 17 laga yang sudah dimainkan, kualitas wasit dirasa masih minus.

"Dari banyaknya pertandingan yang telah dijalani, kami masih merasa adanya kekurangan besar dalam pelaksanaan pertandingan. Khususnya, kualitas wasit yang tidak memiliki perkembangan menuju arah positif," begitu isi surat The Jakmania.

Baca Juga: Persija Kerap Dirugikan Wasit, The Jakmania Bersurat ke PSSI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya