TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Momen Calvin Verdonk Nyanyi Indonesia Raya di Depan Anggota DPR

Verdonk ditantang anggota Komisi III

Calvin Verdonk. (IDN Times/Tino).

Jakarta, IDN Times - Calon bek Timnas Indonesia, Calvin Verdonk mendapat ujian dari sejumlah anggota Komisi III DPR RI dalam rapat pertimbangan pemberian kewarganegaraan, Senin (3/6/2024). Itu untuk mengukur seberapa siap Verdonk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Seperti Adde Rosi Khoerunnisa, dari fraksi Golkar yang meminta Verdonk menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tantangan itu diberikan tepat sebelum Pangeran Khairul Saleh selaku pimpinan rapat membacakan putusan.

"Karena kamu akan menjadi WNI, apakah kamu bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, mungkin sedikit di depan kami semua? Karena lagu kebangsaan Indonesia adalah kebanggan kita semua," tanya Adde Rosi kepada Verdonk.

1. Verdonk ternyata hafal sedikit

Naturalisasi Calvin Verdonk dan Jens Raven Direstui Komisi X DPR (IDN Times/Tino)

Verdonk bersedia, namun tidak ingin menyanyi sendirian. Pemain NEC Nijmegen itu meminta seluruh peserta rapat ikut bernyanyi bersamanya.

Pria 27 tahun itu juga dibantu Adde Rosi. Namun, Verdonk ternyata hafal sedikit, khususnya di bagian awal lagu.

"Saya akan bernyanyi, tapi semuanya juga harus ikut," kata Verdonk yang memancing gelak tawa.

"Hidup lah Indonesia Raya... Indonesia tanah air ku..," gumam Verdonk.

Baca Juga: Calvin Verdonk dan Jens Raven Tinggal Ambil Sumpah WNI

2. Verdonk sudah belajar semalaman

Calvin Verdonk. (IDN Times/Tino).

Sebelum mengikuti rapat di DPR, Verdonk ternyata belajar menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tentu itu jaga-jaga, mengingat Sandy Walsh dan Jordi Amat pernah mendapat tantangan serupa.

Tak hanya lagu kebangsaan, Verdonk juga mempelajari Pancasila. Namun, lagu Indonesia Raya yang paling membuatnya kesulitan.

"Semalaman saya belajar Pancasila dan lagu kebangsaan Indonesia. Itu kenapa saya agak sedikit kelelahan hari ini, karena mempelejarinya semalaman. Saya masih kesulitan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya," ujar Verdonk.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya