TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Maarten Paes Akhirnya Bisa Bela Timnas Indonesia

Penantian panjang Paes akhirnya berakhir

Potret Maarten Paes. (pssi.org).

Intinya Sih...

  • Maarten Paes dinyatakan bisa bermain untuk Timnas Indonesia setelah pengajuan perpindahan federasinya dari Belanda ke Indonesia dikabulkan FIFA.
  • Debut Paes bersama Pasukan Garuda dijadwalkan pada 6 September 2024 dalam laga perdana fase tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi.
  • Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyambut baik kehadiran Paes dan berharap dapat memperkuat tim nasional Indonesia dalam misi lolos Piala Dunia 2026.

Jakarta, IDN Times - Teka-teki Maarten Paes soal bisa atau tidaknya membela Timnas Indonesia akhirnya menemukan jawaban. Setelah melewati proses yang panjang, Paes dipastikan bisa segera melakoni debutnya bersama Pasukan Garuda.

Hal itu diutarakan oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Pengajuan perpindahan federasi Paes dari Belanda ke Indonesia pada akhirnya dikabulkan FIFA, Minggu (18/8/2024).

"Kabar baik bagi persepakbolaan Indonesia. PSSI pada hari ini menginformasikan bahwa setelah melalui proses yang cukup lama dan ekstensif, Maarten Paes akhirnya telah berhasil didaftarkan dan sekarang secara sah dapat bermain mewakili Timnas Indonesia," tulis Erick Thohir di Instagram pribadinya.

Dengan begitu, Paes bisa melakoni debut kala Timnas menghadapi Arab Saudi dalam laga perdana fase tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, pada 6 September 2024 mendatang. Paes menambah opsi dalam pilihan penjaga gawang pelatih Shin Tae Yong.

Erick menyambut baik kehadiran Paes. Harapnya, kiper FC Dallas tersebut bisa memperkokoh tembok Pasukan Garuda, dalam misinya lolos Piala Dunia 2026.

"Dengan rasa cinta dan bangga terhadap Indonesia serta cita-citanya untuk memberikan dampak positif terhadap sepak bola Indonesia, kami yakin bahwa bergabungnya Maarten akan memperkuat tim nasional, terutama dalam menghadapi putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia," ujar Erick Thohir.

Proses perpindahan federasi Paes sempat bermasalah karena pernah membela Belanda U-21 saat usianya telah menginjak 23 tahun. Kondisi ini membuatnya terbentur Pasal 9 ayat ketiga huruf b Statuta FIFA tentang Perpindahan Asosiasi.

Namun, Erick masih tak menjelaskan secara gamblang apakah masalah ini diselesaikan lewat jalur pengadilan olahraga internasional (CAS) atau bukan. Kendati begitu, federasi menepati janji karena Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi sempat menyatakan nasib Paes bakal ditentukan pada 18 Agustus 2024.

Baca Juga: Beda Jawaban Sidang Maarten Paes antara Erick Thohir dan Sekjen PSSI

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya