TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dramatis, Italia Lolos 16 Besar Usai Buyarkan Kemenangan Kroasia

Gol injury time Zaccagni selamatkan muka Spalletti

Selebrasi Mattia Zaccagni usai cetak gol penyelamat Italia di laga pamungkas Grup B Euro 2024. (uefa.com)

Jakarta, IDN Times - Drama terjadi dalam duel ketat Kroasia kontra Italia dalam laga pamungkas Grup B Euro 2024, Selasa (25/6/2024). Kemenangan Kroasia yang sudah di depan mata, harus buyar karena Italia mampu menyamakan kedudukan 1-1 di akhir laga.

Hasil imbang ini sekaligus mengantarkan Gli Azzurri ke babak 16 besar. Mereka lolos sebagai runner-up, mendampingi Spanyol selaku jawara grup. Sementara, Kroasia berpotensi besar angkat koper.

Seni bertahan yang diperagakan Kroasia dan Italia menjadi tontonan apik sepanjang 45 menit pertama di Red Bull Arena Leipzig ini. Kedua tim memiliki tembok yang sulit ditembus, karena Gianluigi Donnarumma (Italia) dan Dominik Livakovic (Kroasia) tampil impresif di bawah mistar.

Kroasia yang tampil mendominasi juga nyaris unggul cepat berkat aksi Luka Sucic, saat duel baru berusia lima menit. Italia beruntung karena Donnarumma mampu menggagalkan tembakan keras Sucic dari luar kotak penalti.

Di sisi lain, serangan Italia tampak lebih berbahaya meski jarang menguasai bola. Gli Azzurri sukses melahirkan banyak peluang lewat umpan silang. Lewat skema itu, tandukan Alessandro Bastoni hampir menggetarkan jala Kroasia andai tak ditepis Livakovic.

Memasuki pertengahan paruh pertama, Italia meningkatkan temponya. Gli Azzurri lebih berani menekan, hingga mampu mengurung pertahanan Kroasia.

Upaya tersebut nyaris membuahkan hasil pada menit 35, lewat tembakan Lorenzo Pellegrini. Namun, posisi Pellegrini kurang ideal karena ruang tembakannya sempit yang akhirnya diamankan dengan mudah oleh Livakovic.

Pada akhirnya, jual-beli serangan yang lancarkan kedua tim gagal membuahkan hasil. Mereka harus rela bermain imbang tanpa gol hingga jeda turun minum.

Pada paruh kedua, tidak ada yang berubah dari kedua tim. Mereka tetap kesulitan di sepertiga akhir. Namun, Kroasia mendapatkan nasib yang berbeda.

Tim berjuluk Vatreni tersebut mendapat hadiah penalti pada menit 54, usai wasit meninjau Video Assistant Referee (VAR) karena Davide Frattesi melakukan handball. Sial, Luka Modric yang maju sebagai eksekutor gagal menaklukkan Donnarumma.

Namun, Modric langsung menebus dosanya. Bintang Real Madrid itu akhirnya sukses menggetarkan jala Gli Azzurri usai memenangkan kemelut di depan gawang, menit 55.

Pelatih Italia, Luciano Spalletti langsung melakukan rotasi karena dipaksa lebih menyerang. Pemain macam Federico Chiesa, Gianluca Scamacca, Mattia Zaccagni, Nicolo Fagioli diturunkan demi menyelamatkan Italia.

Upaya tersebut hampir membuahkan hasil di menit krusial. Sial, umpan tarik Chiesa ke depan gawang gagal disambar Scamacca karena diganggu bek Kroasia.

Kroasia sebenarnya melakukan penyegaran untuk mempertahankan keunggulannya. Namun, pendekatan mereka gagal karena Zaccagni pada akhirnya mampu menyamakan kedudukan beberapa detik jelang peluit panjang dibunyikan sekaligus membuyarkan kemenangan Kroasia.

Hasil ini bikin Italia berhak menemani Spanyol ke babak 16 besar. Di sisi lain, nasib Kroasia pada Euro 2024 masih menunggu hasil dari Slovenia, Serbia, Republik Ceko, dan Georgia.

Baca Juga: Kandaskan Albania, Spanyol Mantap ke 16 Besar sebagai Juara Grup B

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya