TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dicoret, Indra Sjafri Nantikan Perkembangan Arkhan Kaka

Kaka gagal bela Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20

Arkhan Kaka, pemain muda Timnas Indonesia (pssi.org)

Intinya Sih...

  • Arkhan Kaka gagal membela Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 karena dicoret pelatih Indra Sjafri.
  • Indra Sjafri ingin memaksimalkan pemain yang kelahiran 2005 dan 2006 dalam rencana permainannya, sehingga memilih Jens Raven dan Muhammad Ragil sebagai ujung tombak Garuda Muda.
  • Indra berharap Kaka bisa berkembang bersama klub untuk bersaing mendapatkan tempat dalam skuad asuhannya, namun tidak menutup kemungkinan dipanggil lagi di masa depan.

Jakarta, IDN Times - Arkhan Kaka Putra gagal membela Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 di Jakarta pada 25-29 September 2024 mendatang. Kaka dicoret pelatih Indra Sjafri, karena beberapa alasan.

Kaka sebelumnya masuk dalam daftar skuad bayangan Timnas U-20, yang berisikan 30 pemain. Namun, penyerang muda Persis Solo itu tidak ikut serta dalam skuad final yang telah diumumkan PSSI, Senin (23/9/2024).

1. Indra butuh pemain yang matang

Pelatih Timnas U-20, Indra Sjafri. (IDN Times/Tino).

Indra juga menjelaskan kebutuhan dalam rencana permainannya. Dalam skema tersebut, juru taktik 61 tahun itu ingin memaksimalkan pemain yang kelahiran 2005 dan 2006.

Sementara, Kaka kelahiran 2007 dan menjadi pemain paling muda bersama Welber Jardim yang tergabung dalam pemusatan latihan (TC) Timnas U-20.

"Saya diskusi dengan tim, menganalisis, kumpulkan semua data, akhirnya kami putuskan akan memberikan kesempatan yang kelahiran 2005. Karena, untuk 2007 itu masih bisa di ajang U-19 selanjutnya," kata Indra Sjafri dalam jumpa pers, Selasa (24/9/2024).

Baca Juga: Welber Jardim Batal Bela Timnas U-20 Gegara Telat Datang

2. Indra pilih Raven dan Ragil

Selebrasi Jens Raven usai jebol gawang Timor Leste, Selasa (23/7/2024). (Dok. LOC Piala AFF U-19 2024).

Ketimbang Kaka, Indra lebih memilih Jens Raven dan Muhammad Ragil untuk menjadi ujung tombak Garuda Muda. Selain Kaka, Ousmane Camara yang juga ikut kena coret.

"Setiap posisi di Timnas U-20 itu sudah ada empat pemain. Mereka ada promosi dan degradasi," ujar mantan pelatih Bali United tersebut.

3. Kaka harus mengembangkan kualitasnya

Arkhan Kaka, pemain Timnas Indonesia dan Persis Solo (instagram.com/arkhan8kaka)

Indra berharap Kaka bisa berkembang bersama klub. Dengan begitu, Kaka dapat bersaing untuk mendapatkan tempat dalam skuad asuhannya.

"Apakah Kaka akan dipanggil lagi setelah ini? Ya kita lihat perkembangannya. Pemain kan besarnya di klub, kita lihat perkembangannya di sana," ujar Indra.

Baca Juga: Arkhan Kaka Dicoret dari Timnas U-20, Murni Alasan Taktikal

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya