TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anggota DPR Tantang Shin Tae Yong Cari Pemain dari Aceh Sampai Papua

Diminta cari pemain lokal, jangan naturalisasi terus

Shin Tae Yong dalam jumpa pers pascalaga Timnas Indonesia vs Australia, Selasa (10/9/2024). (IDN Times/Tino).

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi X DPR RI, Djohar Arifin Husin meminta pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong  tidak ketergantungan dengan proyek naturalisasi. Djohar menantang Shin blusukan dari Aceh hingga Papua, guna mencari pemain lokal potensial.

Sentilan itu dilontarkan Djohar seiring banyaknya pemain naturalisasi saat ini. Politikus Gerindra tersebut pun meminta PSSI menugasi Shin mencari pemain di pelosok negeri.

"Dia harus mencari dari Aceh ke Papua mencari pemain, bakat-bakat lokal. Tolong (PSSI) tugasi dia," kata Djohar dalam rapat kerja Komisi X bersama PSSI-Kemenpora terkait naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Selasa (17/9/2024).

1. Shin Tae Yong harus siapkan regenerasi

DPR Restui Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bela Timnas Indonesia. (IDN Times/Tino Satrio)

Eks Ketua Umum PSSI periode 2011-2015 tersebut meminta Shin blusukan ke Aceh-Papua untuk mempersiapkan regenerasi Timnas. Arsitek berpaspor Korea Selatan itu, menurut Djohar, tidak boleh hanya fokus di level senior.

"Shin Tae Yong jangan hanya konsentrasi di senior. Harus memperhatikan juga tim penerusnya, hingga 5 tahun ke depan," ucap Djohar.

Baca Juga: DPR Restui Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bela Timnas Indonesia

2. Tidak boleh andalkan proyek naturalisasi

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong dan bek Timnas Indonesia, Justin Hubner dalam jumpa pers jelang melawan Australia di SUGBK, Senin (9/9/2024). (IDN Times/Tino)

Djohar juga menyentil PSSI untuk memperhatikan pembinaan usia muda. Menurut Djohar, PSSI tidak boleh ketagihan dengan proyek naturalisasi yang sejauh ini sukses memberikan pengaruh besar kepada Timnas Indonesia.

"Kita harus berpikir, apa selanjutnya? Kita tidak mungkin terus-terusan menaturalisasi pemain," kata pria 74 tahun tersebut.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya