TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Waduh, Manchester City Bisa Dapat Sanksi Potongan 100 Poin

Manchester City dalam bahaya

Manajer Manchester City, Pep Guardiola (Instagram @mancity)

Intinya Sih...

  • Manchester City dihadapkan pada ancaman sanksi pengurangan poin terbanyak sepanjang sejarah Premier League.
  • Kasus ManCity melibatkan 115 dakwaan terkait pelanggaran finansial, dengan kemungkinan pengurangan poin yang signifikan.
  • Ahli Keuangan Sepak bola, Kieran Maguire, memperkirakan ManCity bisa kehilangan 60 hingga 100 poin jika dakwaan terbukti.

Jakarta, IDN Times - Manchester City sedang berada dalam situasi yang kurang menguntungkan. Mereka harus menghadapi ancaman sanksi pengurangan poin terbanyak sepanjang sejarah Premier League atas 115 dakwaan yang dihadapi.

Sampai sekarang, ManCity masih harus bergelut dengan 115 dakwaan terkait pelanggaran finansial. Mereka rencananya mulai menjalani fase dengar pendapat terkait kasus-kasus tersebut pada Senin (16/9/2024) mendatang.

Jika terbukti melakukan pelanggaran dan dokumen-dokumen yang dibawa tidak sah, maka ManCity diprediksi akan mendapatkan hukuman sanksi terberat sepanjang sejarah.

1. Posisi ManCity sulit

Potret duel Chelsea vs Manchester City di Stamford Bridge, Minggu (18/8/2024). (x.com/@mancity)

Ahli Keuangan Sepak bola, Kieran Maguire, menyatakan kasus ManCity pada dasarnya berbeda. Dugaan pemalsuan laporan keuangan hingga adanya kecurangan soal transfer sejak 2009 sampai 2018, membuat posisi ManCity menjadi sulit.

"Ini bukan hukuman finansial, karena membuat orang-orang berpikir ini cuma buang-buang waktu," ujar Maguire dilansir talkSPORT.

Baca Juga: Erling Haaland Jadi Ahli Hattrick Selanjutnya di ManCity

2. Ada dugaan pencucian uang

Manchester City (premierleague.com)

Kasus ManCity, dijelaskan Maguire, sangat berbeda ketimbang Everton dan Nottingham Forest. Bagi Maguire, kesalahan Everton serta Nottingham masih dalam tahap yang minor.

Namun, ManCity punya kasus yang lebih rumit. Dari dugaannya, ManCity menyamarkan pembayaran dari klub ke pemain dan manajer lewat pihak ketiga, perusahaan cangkang di Abu Dhabi yang dikelola oleh anggota direksi klub.

"Itu melanggar aturan Premier League. Jadi, kemungkinan akan ada pengurangan poin yang sangat signifikan," kata Maguire.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya