TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arab Saudi Calonkan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

FIFA buka siklus Asia di 2034

Salem Al Dawsari ketika mencetak gol ke gawang Argentina di Piala Dunia 2022, Selasa (22/11/2022). (Twitter/@FIFAWorldCup).

Jakarta, IDN Times - Arab Saudi memastikan diri maju dalam pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2034. Itu setelah FIFA membuka peluang buat negara-negara di Asia dan Oceania untuk ikut dalam proses bidding.

Lewat situs resminya, Federasi Sepak bola Arab Saudi, SAFF, memastikan akan memanfaatkan momen itu. Mereka percaya diri bisa memenangkannya.

"Dipimpin SAFF, pencalonan Piala Dunia 2034 bertujuan untuk memberikan turnamen kelas dunia dan menginspirasi kelas sosial di dalam negeri serta transformasi ekonomi, hingga mencerminkan akar kuat dari sepak bola Arab Saudi," begitu pernyataan resmi SAFF.

Baca Juga: Piala Dunia 2030 Resmi Digelar di 3 Benua, Sejarah Baru!

1. Siklusnya jatuh ke Asia dan Oceania

Salem Al-Dawsari (fifa.com)

Berdasarkan siklus, Piala Dunia 2034 digelar di Asia dan Oceania. Makanya, Arab Saudi yang tadinya menarik diri dari pencalonan, mulai yakin untuk bisa bersaing demi jadi tuan rumah.

"Kami yakin, sistem macam ini membuka jalan bagi semua konfederasi untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia, yang merupakan puncak dari sepak bola pria," tulis SAFF.

2. Arab Saudi gencar investasi ke sepak bola

Cristiano Ronaldo cetak gol krusial untuk Al-Nassr (twitter.com/AlNassrFC_EN)

Arab Saudi memang sedang gencar berinvestasi dalam sepak bola. Langkah awalnya, sejak musim panas 2023, mereka memboyong banyak bintang dari Eropa untuk disebar ke klub-klub peserta Saudi Pro League.

Selain itu, otoritas investasi Arab Saudi, PIF, telah membeli sejumlah klub di beberapa belahan dunia. Newcastle United merupakan klub papan atas yang kini dimiliki oleh PIF.

"Keputusan kami mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia, berdasarkan dari pengalaman menggelar event sepak bola kelas internasional. Dan, kami masih dalam jalur yang benar untuk menjamu fans dalam event Piala Dunia Klub 2023 dan Piala Asia 2027," lanjut SAFF.

Baca Juga: Presiden UEFA Tolak Rencana Gila Arab Saudi Main di Liga Champions

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya