TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Uji Coba Timnas Indonesia Lawan Belanda yang Makin Mudah

Semua karena kerja sama PSSI dan KNVB

PSSI jalin kerja sama dengan KNVB. (Dok. PSSI)

Intinya Sih...

  • Kerja sama PSSI dan KNVB memungkinkan Timnas Indonesia uji coba lawan Belanda tanpa hambatan.
  • PSSI dan KNVB resmi menjalin kerja sama melalui nota kesepahaman (MoU) untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat.

Jakarta, IDN Times - Kerja sama antara PSSI dan KNVB memungkinkan Timnas Indonesia bisa uji coba lawan Belanda tanpa harus menempuh jalan panjang.

Pada Rabu (25/9/2024), PSSI dan KNVB resmi menjalin kerja sama, yang termaktub dalam sebuah nota kesepahaman (MoU). Kerja sama ini merupakan lanjutan dari pertemuan pada Mei 2024 lalu.

"PSSI dan KNVB sepakat untuk mengembangkan hubungan yang lebih kuat antara asosiasi masing-masing untuk keuntungan bersama," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dalam keterangannya, dikutip Jumat (27/9/2024).

Menilik kerja sama ini, ada potensi untuk menggelar laga Timnas Indonesia lawan Belanda dengan lebih rutin dan mudah. Sebab, kini kedua negara sudah bekerja sama.

Baca Juga: PSSI Kerja Sama dengan KNVB, demi Sepak Bola Lebih Kuat

1. Tetap mengundang secara profesional

Memphis depay penyerang serba bisa yang free transfer (instagram.com/memphisdepay)

Erick mengaku, potensi digelarnya laga Timnas Indonesia lawan Belanda itu ada selepas kerja sama PSSI dan KNVB ini. Namun, PSSI tetap akan mengundang Belanda secara profesional.

"Tergantung dari hasil yang kami dapat tahun depan, Mungkin kami bisa mengundang Timnas senior Belanda secara profesional seperti ketika kami undang Argentina. Ini bisa kita jadikan agenda selanjutnya," kata Erick.

Baca Juga: PSSI Masih Dalami Skandal PON 2024, Batal Diumumkan Cepat

2. Merambah sepak bola wanita

Ketum PSSI, Erick Thohir di Gelora Bung Karno. (Dok. PSSI)

Sebelumnya, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Vivin Cahyani Sungkono, mengungkapkan, Timnas Wanita Indonesia akan uji coba dengan Belanda, 25 Oktober 2024. Mereka diundang oleh KNVB langsung ke Belanda untuk menggelar uji coba ini.

"Jadi, laga ini bisa terjadi karena Federasi Belanda (KNVB) mengundang Timnas Wanita Indonesia untuk melakukan FIFA Matchday melawan Timnas Belanda. Laganya digelar tanggal 25 Oktober," kata Vivin.

Baca Juga: Mees Hilgers Sudah Disebut sebagai Pemain Timnas Indonesia?

3. Timnas Indonesia jarang bersua Belanda

potret pemain timnas belanda cody gakpo (instagram.com/codymathesgakpo)

Dilansir 11v11, Timnas Indonesia jarang bersua dengan Belanda. Tercatat, hanya tiga kali skuad Garuda bersua Oranje. Tiga pertemuan itu berakhir kekalahan untuk Indonesia.

Terakhir, Belanda berhadapan dengan Timnas Indonesia pada Juni 2013 silam. Bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Oranje mengalahkan Garuda dengan skor 3-0 via dua gol Siem De Jong, serta satu gol Arjen Robben.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Timnas U-20 vs Timor Leste

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya