TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Timnas Indonesia Kalah Lagi di Asian Games 2022

Timnas sepak bola Indonesia kalah di tangan Korea Utara

Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kanan) menendang bola dibayangi penjaga gawang Timnas Filipina Quincy Julian Kammerad (kiri) saat pertandingan perdana Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Sabtu (29/4/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.

Jakarta, IDN Times - Timnas Indonesia U-24 tumbang di laga pamungkas fase grup Asian Games 2022. Bersua Korea Utara di Zhejiang Normal University East, Minggu (24/9/2023) sore WIB, skuad Garuda Muda kalah 0-1.

Gol tunggal kemenangan Korea Utara di laga ini dicetak Kim Yusong (40'). Peluang Indonesia lolos ke fase gugur Asian Games 2022 pun kian menipis.

Awal babak pertama, Indonesia sudah tertekan oleh Korea Utara. Bermain lebih lepas, mereka bahkan sudah menyajikan peluang pada menit delapan lewat sepakan Kukchol Jal. Indonesia pun dibuat menunggu.

Babak pertama berjalan 10 menit, Indonesia tetap kesulitan menciptakan peluang. Mereka tidak menunggu dan berusaha untuk menekan balik Korea Utara. Akan tetapi, upaya mereka selalu gagal di area sepertiga akhir Korea Utara.

Ketidakhadiran penyerang murni benar-benar menjadi sebuah rintangan tersendiri bagi Indonesia. Di tengah kesulitan menghadapi fisik para pemain Korea Utara, mereka juga begitu sulit memasuki kotak penalti lawan.

Kesulitan juga sempat menghampiri Korea Utara dalam membobol gawang Indonesia. Kebuntuan mereka pecah pada menit 40. Berawal dari sepak pojok, Kim Yusong sukses mencetak gol, memanfaatkan kemelut di depan gawang.

Pada sisa waktu babak pertama, Korea Utara sempat mencetak gol lagi lewat Kim, tetapi dianulir karena Kim dinilai sudah berada dalam posisi offside. Hingga babak pertama tuntas, skor 1-0 untuk Korea Utara tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, kesulitan masih menghampiri Indonesia dalam mencetak gol. Pada awal permainan, belum ada kejutan berarti yang mereka lakukan. Situasi babak pertama masih belum berubah bagi Indonesia.

Unggul satu angka menjadikan Korea Utara main lebih santai. Jang Kukchol menjadi pemegang komando yang apik di lini pertahanan Korea Utara. Ditambah lagi, beberapa kali serangan balik Korea Utara juga begitu tajam.

Untuk menambah daya serang, Timnas Indonesia memasukkan Hugo Samir dan Muhammad Haykal Alhafiz. Sedangkan, Korea Utara memasukkan Hwang Chanjun untuk menjaga intensitas tekanan ke pertahanan Indonesia.

Memasuki pertengahan babak kedua, belum ada perkembangan signifikan. Tak ada kejutan atau modifikasi dalam pola serangan yang dilakukan Indonesia. Justru, Korea Utara yang berani balik menekan Indonesia.

Pada sisa waktu babak kedua, Timnas Indonesia U-24 gagal mengejar ketertinggalan. Mereka pun akhirnya kalah 0-1 dari Korea Utara dan kembali tumbang di laga Asian Games 2022.

Baca Juga: Dayung Sumbang Medali Pertama untuk Indonesia Asian Games 2022

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya