TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Timnas Futsal Belum Mau Naturalisasi Pemain, FFI: Banyak Talenta

FFI ingin mengandalkan talenta lokal dulu

Timnas Futsal Indonesia perkenalkan Hector Souto sebagai pelatih baru. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (FFI) Michael Sianipar berujar bahwa pihaknya belum akan melakukan proses naturalisasi dalam waktu dekat untuk Timnas Futsal Indonesia. Ada alasan tersendiri untuk itu.

"Sejauh ini kami belum ada rencana mencari pemain keturunan atau naturalisasi dalam konteks futsal. Karena khusus futsal, masih banyak sekali bibit-bibit yang potensial," ujar Michael di Jakarta, Sabtu (7/9/2024).

1. Tergantung keperluan Timnas nantinya

Timnas Futsal Indonesia perkenalkan Hector Souto sebagai pelatih baru. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Kendati saat ini belum ada rencana, Michael tidak menutup kemungkinan Timnas Futsal menggunakan pemain keturunan nantinya. Semua bergantung pada hasil kajian dan juga keperluan Timnas Futsal ke depan.

"Tentu jika dirasa perlu, ke depan itu bisa dilakukan (naturalisasi). Namun tentu itu butuh kajian dan perspektif tersendiri, karena prinsipnya adalah apa pun yang perlu dilakukan, maka federasi akan dukung," kata Michael.

Baca Juga: Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala Asia Futsal 2026

2. Fokus pada partisipasi futsal di Indonesia dulu

Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF 2022 / Dokumentasi PSSI

Saat ini, Michael mengungkapkan bahwa FFI tengah fokus meningkatkan partisipasi futsal di Indonesia. Sejalan dengan menyambut Piala AFF 2024, dia ingin futsal kembali diramaikan oleh masyarakat.

"Saya juga melihat di berbagai kompetisi di Liga Pro dan Liga Nusantara, jumlah penonton tidak banyak, dan itu realita. Ada tantangan-tantangan yang harus kita selesaikan, dan itu jadi tanggung jawab semua pihak termasuk FFI," kata Michael.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya