TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sejarah! Shin Tae Yong Bawa 3 Timnas Indonesia ke Piala Asia

Shin Tae Yong cetak sejarah bagi dirinya sendiri

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong saat memimpin latihan di Lapangan ABC Senayan, Kamis (15/6/2023). (IDN Times/Tino).

Jakarta, IDN Times - Kualitas Shin Tae Yong sebagai pelatih Timnas Indonesia kembali teruji. Dia kembali sukses mengantarkan skuad Garuda lolos ke Piala Asia untuk kategori usia berbeda.

Shin mengantarkan Timnas U-23 lolos ke Piala Asia U-23 2024, usai tampil apik dalam dua laga kualifikasi lawan Taiwan dan Turkmenistan. Selain mengantarkan Indonesia pada debut Piala Asia U-23, dia mencetak histori bagi dirinya sendiri.

Baca Juga: Ukir Sejarah, Timnas U-23 Lolos ke Putaran Final Piala Asia U-23 2024

1. Shin bawa Timnas Indonesia senior ke Piala Asia

Timnas Indonesia bersua Kuwait. (Dok. PSSI)

Shin membawa Timnas Indonesia mengakhiri penantian panjang. Dia membawa skuad Garuda lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Terakhir kali, mereka lolos ke Piala Asia pada 2007 silam. Saat itu, Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

Selama babak kualifikasi, Timnas Indonesia tampil gemilang. Bersua Nepal, Kuwait, dan Yordania, skuad Garuda mampu bersaing. Mereka sukses meraih kemenangan atas Nepal dan Kuwait, kendati kalah dari Yordania.

2. Shin bawa Timnas U-20 ke Piala Asia U-20

Timnas U-20 lawan Suriah di Piala Asia U-20 2023. (Dok. PSSI)

Selepas membawa Timnas senior ke Piala Asia, Shin tidak berhenti. Terbaru, Shin membawa Timnas U-20 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Bersaing dengan Vietnam, Hong Kong, dan Timor Leste, Ronaldi Kwateh dan kolega cemerlang.

Bahkan, Timnas U-20 berhasil menumbangkan Vietnam di laga terakhir. Ini jadi catatan tersendiri bagi Shin, yang sebelumnya tidak pernah menang ketika bersua Vietnam dalam setiap laga Timnas kelompok usia.

Lolosnya Timnas ke putaran final Piala Asia U-20 2023 juga menambah catatan mentas Timnas U-20 di ajang Piala Asia U-20. Total, sejauh ini Timnas U-20 lolos ke putaran final Piala Asia U-20 sebanyak 19 kali. Sayang, di ajang ini Indonesia terhenti di fase grup.

Baca Juga: 5 Pemain Muda Asia Tenggara Main di Liga Top Asia, Ada Pratama Arhan

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya