TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Persib Juara Liga 1, Paling Banyak Bayar Denda Musim Lalu

Persib juga juara bayar denda Liga 1 musim lalu

Marc Klok rayakan gelar juara Liga 1 Persib Bandung. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Jakarta, IDN Times - Gelar juara Liga 1 2023/24 yang didapat Persib Bandung bukannya tanpa cela. Ternyata, mereka juga jadi tim yang paling banyak membayar denda ketimbang tim lain.

Hal itu diketahui dari temuan Football Institute, yang menggarap studi soal evaluasi Liga 1, 2, dan Elite Pro Academy (EPA) dari perspektif penegakan disiplin. Di antara tim-tim lain, Persib paling banyak membayar denda.

1. Persib merogoh kocek lebih dari Rp600 juta untuk denda

Persib lawan Bali United di Liga 1 2023/24. (Dok. Persib)

Berdasarkan temuan Football Institute tersebut, Persib total merogoh kocek Rp680 juta untuk membayar denda selama satu musim. Mereka mengungguli Persebaya Surabaya yang membayar denda sebanyak Rp600 juta musim lalu.

Di peringkat tiga, ada Bali United yang membayar denda sebesar Rp452,5 juta, kemudian PSS Sleman di peringkat empat dengan catatan Rp445 juta. Menutup lima besar, ada Persija yang membayar denda sebesar Rp360 juta musim lalu.

Baca Juga: Persija dan Persib Paling Sering Kena Sanksi di Liga 1 2023/24

2. Persib juga termasuk rutin disanksi musim lalu

Persib.co.id

Rupanya, Persib juga menduduki peringkat dua tim yang sering melakukan pelanggaran musim lalu. Total, mereka melakukan 19 pelanggaran, dengan rincian 10 pelanggaran suporter, tujuh pemain, satu ofisial, dan satu panpel.

Di peringkat pertama, ada Persija yang jadi klub paling banyak melakukan pelanggaran disiplin musim lalu. Total, mereka menorehkan 23 pelanggaran, dengan pelanggaran terbanyak dilakukan suporter (13).

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya