TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kunci Shin Tae Yong Akrab dengan Pemain Timnas Indonesia, Apa Sih?

Shin senang bercanda dengan pemain

Ketua Umum PSSI Erick Thohir jumpa dengan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong. (instagram.com/erickthohir)

Intinya Sih...

  • Shin Tae Yong berhasil mendekatkan diri dengan pemain Timnas Indonesia melalui candaan dan sikap cairnya.
  • Meskipun tidak bisa berbahasa Indonesia, Shin menggunakan trik seperti kontak fisik dan tarian bulgogi untuk mempererat hubungan dengan para pemain.
  • Para pemain Timnas Indonesia merespons positif terhadap candaan Shin, membuat suasana tim menjadi lebih ceria dan kedekatan antar pemain semakin terjalin.

Jakarta, IDN Times - Sebagai pelatih asing dan menangani Timnas Indonesia, Shin Tae Yong tahu cara bersikap demi bisa mendekatkan diri dengan pemainnya. Ada beberapa trik yang membuat Shin bisa beradaptasi, hingga sukses merebut hati para pemainnya, dengan didukung sikap cairnya.

Memahami budaya Indonesia, menjadi awal dari keberhasilan Shin bisa beradaptasi di Timnas. Meski butuh waktu, usaha Shin pada akhirnya bisa membuahkan hasil.

1. Batas bahasa yang Shin tembus dengan bercanda

Shin Tae Yong dalam latihan Timnas Indonesia di Senayan, Selasa (28/5/2024). (IDN Times/Tino).

Sampai saat ini, Shin mengaku masih belum bisa berbahasa Indonesia. Alhasil, dia sering menggunakan penerjemah sebagai penghubung dengan pemain. Tapi, batasan itu ditembusnya dengan menggunakan sifatnya yang cair, melalui candaan.

"Saya sering bercanda dan bergurau dengan pemain. Kontak fisik seperti mencabut bulu telinga, mencubit, menusuk mata. Meski itu kelihatannya kasar, tetapi para pemain justru lebih suka ketika saya melakukan itu," kata Shin dilansir YouTube KBS World Indonesia.

Baca Juga: Elkan Baggott Tak Masuk Daftar Panggilan Shin Tae Yong

2. Sempat bersama melakukan tarian bulgogi

Shin Tae Yong temui Marselino Ferdinan dan pelatih KMSK Deinze, Hans Sommer. (Instagram/@shintaeyong7777).

Dengan mengajak bercanda, Shin merasa hubungannya dengan pemain pun jadi cair. Memang kadang ada situasi serius dalam latihan, tetapi tak jarang dia dan para pemain melakukan tarian bulgogi.

"Mereka senang karena saya selalu bercanda. Saya juga tentu senang. Bahkan kami menari tarian bulgogi bersama di lapangan. Sangat lucu, terutama Marselino (Ferdinan)," ujar Shin.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya