TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ketika Anggota DPR Tak Bangga dengan Timnas Indonesia Kini

Timnas Indonesia disebut penuh naturalisasi

Pemain Timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen, lawan Arab Saudi. (Dok. PSSI)

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR RI, Nuroji, mengeluarkan pernyataan yang menarik. Dalam rapat dengar pendapat soal naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, Selasa (17/9/2024), dia menyebut tidak bangga dengan Timnas Indonesia.

Nuroji pun menjabarkan alasannya tidak bangga dengan Timnas saat ini. Menurutnya, saat ini sudah terlalu banyak pemain yang dinaturalisasi, bahkan sampai hampir satu tim penuh dengan naturalisasi.

"Jujur kebanggaan itu (Timnas Indonesia main bagus) bagi saya berkurang, dari posisi di tim saat ini, cukup banyak yang dinaturalisasi, bahkan sampai satu tim," ujar Nuroji.

1. Bukan anak lokal yang bermain

Timnas Indonesia dalam laga melawan Arab Saudi pada kualifikasi Piala Duni 2026 (X.com/TimnasIndonesia)

Nuroji juga mengungkapkan tidak larut dan bangga dalam euforia Timnas sekarang, karena yang main di tim bukanlah anak-anak lokal. Menurutnya, naturalisasi ini hanya cara instan untuk menjadi juara.

"Saya tidak terlalu bangga dan euforia dengan kemenangan-kemenangan PSSI yang didapat sekarang, karena yang main bukan akamsi, anak kampung sendiri. Ini bukan untuk jangka panjang, tetapi cara instan jadi juara," kata Nuroji.

Baca Juga: Menpora Bantah Pemain Naturalisasi Timnas Pegang Dua Paspor

2. Minta untuk membatasi naturalisasi

Kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Nuroji juga meminta, ke depannya PSSI dan Kemenpora membatasi proses naturalisasi, untuk mengedepankan nasionalisme. Terkait pembatasannya, dia ingin pemain-pemain yang tak ada darah Indonesianya dikurangi.

"Kemenpora dan pssi harus punya strategi lain untuk mengedepankan nasionalisme, khususnya yang dari keturunan Belanda-Indonesia, saya sepakat-sepakat saja tetapi yang tidak ada darah Indonesianya harus dikurangi," kata Nuroji.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya