TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Indra Sjafri soal Welber Jardim: Tak Mau Polemik, Habisin Energi

Indra Sjafri tak ingin polemik Welber berlanjut

Perayaan Welber Jardim dan Muhammad Kafiatur atas keberhasilan lolos ke final AFF U19. (pssi.org)

Intinya Sih...

  • Indra Sjafri menolak berpolemik terkait absennya Welber Jardim di Timnas U-20, fokus pada pemain yang ada agar tidak menghabiskan energi.
  • Indra yakin banyak pemain yang bisa menggantikan Welber, tidak bergantung pada satu atau dua pemain dalam kualifikasi Piala Asia U-20.
  • Manajer Timnas U-20 menjelaskan bahwa absennya Welber disebabkan oleh informasi dari ibunya, meskipun sebelumnya alasan absennya adalah karena jadwal padat di klubnya.

Jakarta, IDN Times - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Indra Sjafri, enggan berpolemik terkait Welber Jardim yang tak bisa membela Timnas U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Dia merasa, hal itu cuma menghabiskan energi.

"Saya tidak mau lagi berpolemik dengan itu (soal Welber), saya mau fokus dengan pemain 23 yang ada. Tidak baik juga setiap hari kita menghabiskan energi dengan hal itu," kata Indra dalam sesi jumpa pers selepas lawan Maladewa, Rabu (25/9/2024).

Baca Juga: Terungkap, Ini Alasan Welber Jardim Tak Jadi Bela Timnas U-20

1. Masih banyak yang bisa gantikan Welber

Pelatih Timnas U-20, Indra Sjafri bersama sang pemain, Jens Raven. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Indra mengungkapkan, di skuadnya saat ini, banyak yang bisa menggantikan sosok Welber. Dia menegaskan, tidak bergantung pada satu atau dua pemain di Kualifikasi Piala Asia U-20 ini.

"Saya sudah bilang kemarin ini kan tim usia muda, ada yang tidak datang, ya yang lain ada. Dan saya tegaskan lagi klubnya sudah memberikan izin kan gak perlu pula saya tampilkan emailnya kan," kata Indra.

Baca Juga: Pesan Keras Indra Sjafri Ini Bikin Bangkit Timnas U-20

2. Jadi preseden buruk bagi para pemain Timnas U-20 lain

Timnas U-20 lawan Maladewa di Kualifikasi Piala Asia U-20. (Dok. PSSI)

Indra pun meminta agar polemik ini tidak diperpanjang, karena bisa jadi preseden buruk bagi para pemain Timnas U-20 lain. Seolah-olah, pemain lain tidak memiliki kontribusi yang sama besarnya untuk tim.

"Tidak bagus ini diangkat terus. Seolah-olah pemain yang ada tidak bisa berkonstribusi. Ini pemain usia muda. Siapa pun yang hadir 23 hari ini anak-anak terbaik kita. Dan saya akan pertanggungjawabkan itu," kata Indra.

Baca Juga: Welber Jardim Batal Bela Timnas U-20 Gegara Telat Datang

3. Manajer Timnas U-20 beri penjelasan soal absennya Welber

Manajer Timnas U-20, Ahmad Zaki Iskandar. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Manajer Timnas U-20, Ahmad Zaki Iskandar, menjelaskan kenapa Welber absen di Kualifikasi Piala Asia U-20 ini. Rupanya, ada andil dari orangtua sang pemain.

"Dari informasi terakhir, memang ibunya yang mengirimkan informasi bahwa Welber (Jardim) tidak berangkat," ujar Zaki saat ditemui selepas laga lawan Maladewa di Stadion Madya, Rabu (25/9/2024).

Uniknya, pernyataan Zaki ini berbeda dengan alasan sebelumnya yang dijelaskan. Dia sempat mengungkapkan, Welber tidak datang karena tidak dilepas tim.

"Jadwal klub Welber padat, jadinya tidak diberikan izin," kata Zaki.

Terlepas apa pun alasannya, Welber Jardim pada akhirnya tidak masuk skuad Timnas U-20 untuk Kualifikasi Piala Asia U-20 2025. Tanpa penggawa Sao Paulo itu, Garuda Muda tetap menang 4-0 lawan Maladewa pada Rabu (25/9/2024) malam.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya