TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Edin Terzic, Fans yang Bawa Dortmund ke Final Liga Champions

Edin Terzic adalah fans Dortmund sedari kecil

Edin Terzic (bvb.de)

Jakarta, IDN Times - Hidup ini begitu spesial bagi Edin Terzic. Kisaran 2010 sampai 2013 silam, dia memang sudah bekerja di Borussia Dortmund. Namun, saat itu, dia sejatinya masih berstatus sebagai fans.

Sebuah foto di akun X @thesackrace menunjukkan, sosok Terzic yang tengah menjadi saksi keberhasilan Dortmund juara Bundesliga pada 2012. Akun itu menyebut, Terzic adalah fans Dortmund sedari kecil.

Sekarang, hidup sudah berubah 180 derajat bagi sosok asal Menden, Jerman tersebut. Terzic membawa Dortmund melangkah ke final Liga Champions.

1. Sempat bekerja di bawah Juergen Klopp

Edin Terzic (uefa.com)

Kisaran 2010 sampai 2013 silam, Terzic bekerja sebagai talent scout dan juga asisten pelatih tim muda Dortmund. Ketika itu, dia bekerja di bawah Juergen Klopp yang sudah jadi manajer tim utama Dortmund.

Terzic adalah sosok di balik datangnya bintang-bintang Dortmund kala itu. Namun, kerja sama ini tidak berlangsung lama, karena pada 2013, dia memutuskan hijrah ke Besiktas, bekerja di bawah Slaven Bilic.

Pada 2018, Terzic memutuskan mengambil lisensi UEFA Pro bersama nama-nama macam Graham Potter, Nicky Butt, dan Nemanja Vidic. Setelah itu, dia kembali ke Dortmund.

Baca Juga: Wembley Sambut Dortmund Lagi di Final Liga Champions

2. Membawa Dortmund keluar dari masa suram

GOAL.COM

Setelah menyelesaikan kursus UEFA Pro-nya, Terzic kembali ke Dortmund dan jadi asisten Lucien Favre. Selepas Favre hengkang, Terzic jadi manajer interim dan membawa Dortmund menjuarai DFB Pokal musim 2020/21.

Di musim 2021/22, Terzic sempat menjadi direktur teknik Dortmund, mendampingi Marco Rose. Selepas Rose hengkang, dia naik jadi manajer tim utama. Di sinilah, Terzic langsung berperan membawa Dortmund keluar dari kesuraman.

Memang, sepanjang musim 2022/23, tak ada yang bisa Terzic lakukan. Akan tetapi, di musim 2023/24 ini, dia berhasil membawa Dortmund melangkah ke final Liga Champions. Apiknya lagi, mereka mengalahkan PSG di semifinal.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya