TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Arema Juara Piala Presiden 2024 Usai Tekuk Borneo FC

Menit-menit akhir pertandingan sempat memanas

Arema lawan Borneo FC di final Piala Presiden 2024. (IDN Times/Sandy Firdaus)

Jakarta, IDN Times - Arema FC menjuarai Piala Presiden 2024. Dalam laga final lawan Borneo FC Samarinda yang dihelat di Stadion Manahan, Minggu (4/8/2024) malam WIB, tim berjuluk 'Singo Edan' itu menang 5-4 di babak adu penalti.

Laga waktu normal sendiri berakhir imbang 1-1, lewat gol-gol yang dicetak Willam da Silva (49') untuk Arema serta Leonardo dos Santos (62') untuk Borneo FC. Untuk keempat kalinya, Arema memenangi Piala Presiden.

Di babak pertama, Arema jadi tim yang lebih dominan di awal-awal. Mereka memeragakan permainan yang aktif sekaligus memegang kendali bola. Hal itu membuat Borneo FC Samarinda sempat kesulitan mengembangkan permainan.

Namun, seiring berjalannya babak pertama, Borneo FC mulai bisa mengimbangi permainan dari Arema. Performa apik yang ditunjukkan oleh Stefano Lilipaly, Terens Puhiri, dan Rosembergne Da Silva membuat Borneo FC mampu menekan balik Arema.

Memasuki pertengahan babak pertama, kuasa laga pun beralih ke Borneo FC. Ditambah dengan pergerakan Kei Hirose dan Hendro Siswanto yang apik di tengah, mereka mampu mengatur ritme dan melancarkan serangan-serangan berbahaya.

Menghadapi Borneo yang main lebih aktif, Arema tidak dilanda ketegangan. Mereka justru memperkuat pertahanan mereka, dan tidak membiarkan Borneo FC berkreasi. Alhasil, kebuntuan pun langsung menghinggapi Borneo FC.

Di masa-masa akhir babak kedua, Borneo FC tetap tampil dominan. Namun, mereka juga tetap kesulitan mencetak peluang ke gawang Arema FC. Leonardo dos Santos terisolasi di lini depan, dan tak dapat dukungan dari para pemain di belakangnya.

Di sisi lain, Arema FC juga kesulitan mencetak gol ke gawang Borneo FC, karena serangan-serangan balik mereka tidak sebegitu tajam. Alhasil, babak pertama berakhir dengan skor 0-0. Tak ada yang unggul antara kedua tim.

Memasuki babak kedua, Arema dan Borneo FC sama-sama belum melakukan perubahan di awal babak. Meski tidak ada perubahan, pada akhirnya gol hadir di laga ini pada babak kedua. Arema memecah kebuntuan pada menit 49.

Memanfaatkan umpan Charles Lokolingoy, William da Silva melepaskan sepakan terukur yang gagal dihalau kiper Borneo. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan 'Singo Edan', sekaligus membuat Borneo FC tersentak untuk mengejar.

Pada menit 62, Borneo FC Samarinda berhasil menyamakan angka. Berawal dari umpan pemain Borneo FC yang terbentur pemain Arema, bola mendarat di kaki Leonardo dos Santos, dan dia sukses menceploskan bola itu ke gawang. Skor 1-1.

Selepas gol ini, Arema dan Borneo FC langsung melakukan pergantian. Arema memasukkan Dedik Setiawan, sedangkan Borneo FC memasukkan Gabriel Vinicius dan Dandy Sonriza. Masuknya nama-nama ini menjaga intensitas laga hingga pertengahan babak kedua.

Di akhir-akhir babak kedua, situasi sempat memanas, tepatnya pada menit 88. Lilipaly melakukan pelanggaran keras. Wasit pun sempat mengecek VAR untuk pelanggaran ini, dan akhirnya memutuskan untuk memberi kartu merah pada Lilipaly.

Arema sempat mencetak gol pada menit 90+6. Lokolingoy membobol gawang, tetapi gol itu dianulir karena dalam proses penciptaannya, ada handsball dari Dedik Setiawan. Ada andil VAR juga dalam pengambilan keputusan ini.

Hingga babak kedua tuntas, Arema dan Borneo FC sama-sama tumpul. Alhasil, laga berakhir dengan skor 1-1 di waktu normal, dan laga pun langsung berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti ini, Arema menang dengan skor 5-4, setelah satu penendang Borneo FC, Ronaldo De Souza, gagal menjalankan tugasnya. Hasil ini memastikan tim 'Singo Edan' memenangi Piala Presiden 2024.

Baca Juga: Arema FC vs Borneo, Duel Penentu Jawara Piala Presiden 2024

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya