TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Pelatih yang Dipecat dan Mundur karena Shin Tae-yong, Terbaru Graham

Shin Tae-yong mengubah nasib pelatih tim lawan

Shin Tae Yong dalam jumpa pers pascalaga Timnas Indonesia vs Australia, Selasa (10/9/2024). (IDN Times/Tino).

Sejak ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019, Shin Tae-yong telah membuktikan kemampuannya, baik di tingkat usia muda maupun senior. Menariknya, beberapa pelatih dari tim lawan terpaksa dipecat lantaran kalah melawan Timnas Indonesia.

Lantas, siapa saja pelatih tersebut? Berikut IDN Times telah merangkum 7 pelatih yang terpaksa mundur atau dipecat akibat hasil buruk setelah menghadapi Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Yuk, simak!

1. Graham Arnold (Timnas Australia)

Pelatih Australia, Graham Arnold dan bek Australia, Aziz Behich dalam jumpa pers jelang lawan Timnas Indonesia di SUGBK, Senin (9/9/2024). (IDN Times/Tino)

Kabar terbaru datang dari Graham Arnold. Pelatih Timnas Australia ini terpaksa mundur dari jabatannya pada Jumat (20/9/2024) usai mendapatkan hasil imbang 0-0 melawan Timnas Indonesia pada laga Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Skor yang diperoleh pada matchday kedua bagi Australia di Grup C menjadi salah satu alasan mengapa Graham Arnold memutuskan untuk mundur. Pelatih yang kini berusia 61 tahun itu resmi keluar dari skuad Socceroos atau sebutan untuk Timnas Australia.

2. Philippe Troussier (Timnas Vietnam)

Pelatih yang dipecat dan mundur karena Shin Tae-yong berikutnya adalah Philippe Troussier. Ia terpaksa diberhentikan sebagai pelatih Timnas Vietnam setelah timnya mengalami tiga kekalahan berturut-turut dari Timnas Indonesia.

Kekalahan tersebut termasuk saat Piala Asia 2023 di mana Vietnam kalah 0-1 dari Indonesia, serta perolehan skor 0-1 dan 0-3 pada pertandingan ketiga dan keempat Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

3. Dinh The Nam (Timnas Vietnam U-20)

Dinh The Nam, mantan pelatih Timnas Vietnam U-20 (Dok. Vietnam Plus)

Dinh The Nam harus menerima kekalahan Timnas Vietnam U-20 dengan skor 2-3 dari Timnas Indonesia U-20 yang dilatih Shin Tae-yong dalam Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Meski begitu, Timnas Vietnam U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023 sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik.

Sayangnya, saat Timnas Vietnam U-20 bertanding di Piala Asia U-20 2023, Dinh The Nam tidak lagi menjabat sebagai pelatih. Posisi tersebut digantikan oleh pelatih Hoang Ang Tuan.

Baca Juga: Profil Graham Arnold, Pelatih Australia yang Mengundurkan Diri

4. Vitezslav Lavicka (Kuwait)

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 secara mengesankan di kandang Kuwait pada laga pertama Grup A di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Kemenangan ini membuka jalan bagi Timnas Indonesia untuk lolos ke Piala Asia 2023, terutama setelah mengalahkan Nepal dengan skor telak 7-0.

Hasilnya, sangat disayangkan nasib tim dari Asia Barat ini gagal lolos ke Piala Asia 2023. Sementara itu, pelatih mereka, Vitezslav Lavicka yang berasal dari Republik Ceko akhirnya terpaksa harus dipecat.

5. Tan Cheng Hoe (Malaysia)

Potret Malaysia U-23 latihan jelang Piala AFF U-23 2023. (Twitter/@FAM_Malaysia).

Pelatih yang dipecat dan mundur gara-gara ulah Shin Tae-yong datang dari tim lawan negara tetangga, yakni Malaysia dengan Tan Cheng Hoe. Padahal, di bawah kepemimpinan Chen Hoe, Malaysia sempat tampil secara unggul pada periode 2018-2019.

Ya, di bawah arahannya, Malaysia berhasil mencapai final Piala AFF 2018 dan menunjukkan performa gemilang di awal babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, termasuk mengalahkan Timnas Indonesia 3-2 di SUGBK. Namun sangat disayangkan, pada 2021 performa Timnas Malaysia mulai menurun, termasuk kekalahan 1-4 dari Timnas Indonesia di pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2020. 

Kekalahan ini membuat Malaysia gagal melaju ke semifinal. Beberapa hari setelah turnamen berakhir, Tan Cheng Hoe memutuskan untuk mundur dari posisinya sebagai pelatih Timnas Malaysia.

Baca Juga: Profil Daniele De Rossi, Pelatih yang Dipecat AS Roma

6. Tatsuma Yoshida (Singapura)

Meskipun Singapura menjadi tuan rumah Piala AFF 2020, Tatsuma Yoshida tidak berhasil mengalahkan Timnas Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae-yong di babak semifinal. Setelah dua kali bertemu di National Stadium, The Lions (julukan tim Singapura) kalah telak melawan Indonesia dengan skor 3-5.

Kekalahan ini membuat Tatsuma Yoshida memutuskan mundur dari posisinya sebagai pelatih Timnas Singapura.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya