TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Remaja yang Didatangkan Brighton pada Musim Panas 2024

Ada yang memecahkan rekor

Yankuba Minteh (premierleague.com)

Brighton & Hove Albion kerap mengandalkan pemain muda dalam beberapa musim terakhir. Nama-nama seperti Moises Caicedo, Tariq Lamptey, hingga Simon Adingra adalah contohnya. Memasuki 2024/2025, kebijakan itu tampaknya akan terus dipertahankan Brighton.

Indikasinya terlihat dari langkah Brighton pada bursa transfer musim panas 2024. Sejauh ini, The Seagulls sudah memboyong lima pemain baru yang semuanya masih muda. Empat di antaranya bahkan masih remaja alias berusia belasan. Inilah keempat remaja tersebut.

1. Yankuba Minteh adalah pemain termahal yang pernah dibeli Brighton

Yankuba Minteh (brightonandhovealbion.com)

Pertama, ada Yankuba Minteh, pemain yang memecahkan rekor pembelian termahal Brighton & Hove Albion. Minteh diboyong dari Newcastle United dengan harga 35 juta euro atau Rp617 miliar. Ia resmi bergabung dengan Brighton pada awal Juli 2024 saat usianya masih 19 tahun. Namun, kini Minteh sudah genap berusia 20 tahun.

Minteh sendiri sebenarnya tak sempat bermain bagi Newcastle. Sang winger asal Gambia dipinjam Feyenoord pada 2023/2024. Minteh tampil 37 kali bagi Feyenoord dan mencetak 11 gol. Ia turut membawa mereka finis sebagai runner-up Eredivisie Belanda dan juara Piala KNVB.

Bersama Brighton, Minteh kemungkinan tak akan langsung jadi andalan. Sebagai sayap kanan, ia harus bersaing dengan Simon Adingra yang tak kalah gacor. Namun, Minteh masih punya banyak waktu untuk berkembang. Ia dikontrak The Seagulls selama 5 tahun alias hingga 2029.

2. Ibrahim Osman produktif bersama Nordsjaelland pada 2023/2024

Ibrahim Osman (instagram.com/officialbhafc)

Brighton & Hove Albion juga menambah opsi di pos sayap kiri dengan menggaet Ibrahim Osman. Osman adalah winger asal Ghana berusia 19 tahun. Ia dibeli dari Nordsjaelland dengan harga 19,5 juta euro atau Rp344 miliar. Harga itu terbilang layak melihat performanya pada musim lalu.

Bersama Nordsjaelland, Osman bermain 44 kali sepanjang 2023/2024. Ia sering tampil penuh dan sukses menyumbang 10 gol serta 8 assist. Beberapa gol Osman pun dicetak saat tampil sebagai striker dan sayap kanan. Fleksibilitas Osman bisa menjadi aset yang berharga bagi Brighton.

Baca Juga: 5 Pemain Rekrutan Brighton & Hove Albion pada Musim Panas 2024

3. Malick Junior Yalcouye langsung menjadi andalan IFK Goteborg sejak bergabung

Malick Junior Yalcouye (instagram.com/officialbhafc)

Ada pula Malick Junior Yalcouye, gelandang asal Pantai Gading berusia 18 tahun. Yalcouye didatangkan Brighton & Hove Albion dari klub Swedia, IFK Goteborg. Harga pembeliannya terbilang murah, yaitu 7 juta euro atau Rp123 miliar. Namun, bukan berarti kualitas Yalcouye bisa dianggap remeh.

Yalcouye bergabung ke IFK Goteborg pada Februari 2024 dan langsung jadi andalan. Ia berlaga 15 kali selama setengah musim, sebagian besar tampil penuh. Satu gol juga sempat dihasilkan sang gelandang tengah bagi IFK Goteborg. Potensi Yalcouye pun membuat Brighton memberinya kontrak jangka panjang hingga 2029.

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya