TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekrutan Baru EPL yang Digaet Lebih Mahal dari Harga Pasaran

Termasuk dua gelandang anyar Chelsea tentunya

Moises Caicedo (chelseafc.com)

English Premier League (EPL) dikenal sebagai liga dengan perputaran uang yang masif. Banyak klub EPL yang memiliki kekuatan finansial luar biasa. Bahkan, klub-klub semenajana di EPL memiliki cukup banyak uang untuk melakukan manuver intensif di tiap jendela transfer.

Tak heran jika klub-klub EPL sejauh ini mengeluarkan paling banyak uang pada bursa transfer musim panas 2023. Namun, sebagian transfer yang mereka lakukan bisa dibilang pemborosan. Pasalnya, banyak di antara rekrutan EPL musim panas ini yang dibeli dengan harga lebih tinggi dari harga pasarannya.

Memang, harga pasaran bukan standar mutlak kualitas seorang pemain. Maka, para pemain tersebut harus membuktikan bahwa mereka memang layak dihargai mahal. Berdasarkan data Transfermarkt, berikut lima pemain baru EPL yang dibeli lebih mahal dari harga pasaran.

Baca Juga: Moises Caicedo, Dulu Tak Mampu Beli Sepatu Kini Jadi Pemain Termahal

1. Declan Rice (116,5 juta euro)

Declan Rice (instagram.com/declanrice)

Pertama, ada Declan Rice, pemain termahal dalam sejarah Arsenal. Rice diboyong The Gunners dari West Ham United dengan harga 116,5 juta euro atau Rp1,95 triliun. Selain memecahkan rekor, harga tersebut sebenarnya juga lebih tinggi dibanding harga pasaran Rice.

Situs Transfermarkt menyebut bahwa Rice lebih pantas diharga 90 juta euro atau Rp1,5 triliun. Namun, wajar jika Arsenal rela membayar lebih mahal dari itu. Pasalnya, kualitas Rice sudah terbukti. Apalagi ia memang tipe gelandang yang dibutuhkan The Gunners di bawah asuhan Mikel Arteta.

2. Moises Caicedo (116 juta euro)

Moises Caicedo (instagram.com/moises_caicedo55)

Moises Caicedo juga pindah klub dengan nilai transfer luar biasa. Caicedo dibeli Chelsea dari Brighton & Hove Albion seharga 116 juta euro atau Rp1,9 triliun. Jika menyertakan add-on, transfer Caicedo bahkan mencapai nilai 135 juta euro atau Rp2,24 triliun.

Dengan demikian, Caicedo resmi jadi pemain termahal dalam sejarah sepak bola Inggris. Namun, rekor itu sebenarnya tak layak ia sandang jika menilik harga pasarannya. Sang gelandang asal Ekuador sebenarnya hanya memiliki harga pasaran di angka 75 juta euro atau Rp1,2 triliun.

Bisa dibilang, Chelsea memang terpaksa menggelontorkan dana begitu besar bagi Caicedo. Brighton sejak awal ogah melepas Caicedo dengan harga di bawah 100 juta euro. Caicedo juga sempat ditawar Liverpool dengan harga tinggi sehingga Chelsea harus melampaui tawaran tersebut.

3. Rasmus Hojlund (75 juta euro)

Rasmus Hojlund (instagram.com/rasmus.hoejlund)

Manchester United dikenal kerap membeli pemain dengan harga terlampau mahal dalam beberapa tahun terakhir. Tak heran jika salah satu pemain Setan Merah masuk daftar ini. Ia adalah Rasmus Hojlund, striker muda asal Denmark.

Hojlund dibeli dari Atalanta dengan harga 75 juta euro. Padahal, nilai pasaran yang layak bagi Hojlund hanya berkisar 45 juta euro atau Rp748 miliar. Namun, langkah Manchester United membelinya dengan harga lebih mahal cukup bisa dipahami.

Manchester United sedang amat butuh striker yang bisa diandalkan. Sementara, tak banyak striker top yang beredar di pasaran pada musim panas 2023. Sudah begitu, usia Hojlund juga masih muda, yaitu 20 tahun. Cukup wajar jika Setan Merah mau mengeluarkan uang banyak untuknya.

4. Dominik Szoboszlai (70 juta euro)

Dominik Szoboszlai (instagram.com/szoboszlaidominik)

Bahkan, Liverpool juga ikut membeli pemain dengan harga tinggi pada musim panas 2023. Padahal, biasanya The Reds jarang melakukan itu. Mereka memboyong Dominik Szoboszlai dari RB Leipzig seharga 70 juta euro alias Rp1,16 triliun.

Harga pasaran Szoboszlai sendiri lebih rendah dari itu. Gelandang 22 tahun asal Hungaria tersebut lebih layak dihargai 50 juta euro atau Rp830 miliar menurut data Transfermarkt. Namun, dalam dua penampilan perdananya bersama Liverpool pada 2023/2024, Szoboszlai mulai menunjukkan bahwa ia pantas dibeli mahal.

Baca Juga: 3 Alasan Utama Romeo Lavia Pilih Chelsea Ketimbang Liverpool

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya