TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pertandingan Pertama Juventus Bersama Thiago Motta

Baru kebobolan satu kali

Thiago Motta memberi instruksi kepada Federico Gatti. (juventus.com)

Intinya Sih...

  • Juventus mencopot Massimiliano Allegri dari jabatan pelatih pada akhir 2023/2024.
  • Debut resmi Thiago Motta sebagai pelatih Juventus berjalan mulus dengan kemenangan telak 3-0 atas Como.
  • Juventus tak terkalahkan dalam lima laga pertama bersama pelatih Thiago Motta, dengan hanya kebobolan satu gol.

Juventus mencopot Massimiliano Allegri dari jabatan pelatih pada akhir 2023/2024. Allegri dipecat meski sukses membawa Juventus menjuarai Coppa Italia. Sebagai penggantinya, mereka mendatangkan Thiago Motta. Motta adalah eks gelandang Italia yang musim lalu tampil impresif sebagai pelatih Bologna.

Bersama Motta, Bologna sukses finis di peringkat kelima Serie A Italia 2023/2024. Namun, ia dituntut meraih prestasi lebih hebat bersama Juventus. Sejauh ini, Motta berada di jalur yang tepat untuk mewujudkan prestasi hebat pada 2024/2025. Start Motta bersama Juventus cukup apik, seperti terlihat dalam lima laga pertamanya berikut ini.

1. Juventus menghajar tim promosi Como pada pekan pembuka Serie A

Para pemain Juventus merayakan gol ke gawang Como di Serie A 2024/2025. (legaseriea.it)

Pekan pembuka Serie A 2024/2025 menjadi momen debut resmi Thiago Motta sebagai pelatih Juventus. Motta memimpin Si Nyonya Tua menjamu klub promosi, Como, pada laga tersebut. Hasilnya, debut Motta berjalan mulus. Racikannya langsung berbuah kemenangan telak 3-0.

Juventus tampil dominan dan sukses menekan Como sepanjang laga. Bianconeri unggul dua gol pada babak pertama berkat aksi Samuel Mbangula dan Timothy Weah. Jelang laga berakhir, Andrea Cambiaso menyempurnakan kemenangan tuan rumah.

2. Laga kedua Serie A juga dimenangi Juventus dengan skor 3-0

Juventus melawan Hellas Verona di Serie A 2024/2025. (legaseriea.it)

Sepekan kemudian, Motta memimpin Juventus dalam partai tandang pertama musim ini. Bianconeri dijamu Hellas Verona, yang pada laga sebelumnya sukses membantai Napoli 3-0. Hasil itu menjadi pertanda bahwa Juventus harus mewaspadai sang tuan rumah. Namun, anak asuh Motta ternyata sukses mencuri tiga poin lagi.

Juventus bahkan kembali unggul tiga gol tanpa balas. Dusan Vlahovic bersinar dengan torehan brace, ditambah sumbangsih gol Nicolo Savona. Bianconeri pun menutup pekan kedua Serie A di puncak klasemen. Mereka mengoleksi 6 poin dan 6 gol dengan belum kebobolan.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci yang Dilepas Juventus pada Musim Panas 2024

3. Juventus tertahan imbang tanpa gol saat menjamu AS Roma

Juventus melawan AS Roma di Serie A 2024/2025. (legaseriea.it)

Dalam dua laga berikutnya di Serie A, Juventus sukses menjaga gawang mereka tetap perawan. Namun, langkah Bianconeri tampak mulai tersendat. Mereka hanya bermain imbang tanpa gol dalam kedua laga. Itu bermula saat Juventus menjamu AS Roma pada pekan ketiga Serie A.

Berbeda dengan Juventus, AS Roma memulai Serie A 2024/2025 dengan buruk. Namun, anak asuh Motta gagal memanfaatkan kondisi mental AS Roma yang menurun. Giallorossi justru mampu mengimbangi Juventus dalam penguasaan bola maupun jumlah tembakan. Gagal menang, posisi Juventus di klasemen Serie A pun turun ke peringkat kedua.

4. Juventus juga gagal mengalahkan Empoli pada pekan keempat Serie A

Juventus melawan Empoli di Serie A 2024/2025. (legaseriea.it)

Selanjutnya, giliran Empoli yang sukses mengimbangi Juventus 0-0. Bermain sebagai tuan rumah, Empoli lebih banyak tertekan. Namun, mereka mampu menahan gelombang serangan Juventus hingga akhir.

Posisi Juventus di klasemen Serie A pun melorot lagi ke tangga keempat. Mereka berada di bawah Udinese, Napoli, dan Inter Milan. Sementara, Empoli memang terbukti alot pada awal 2024/2025. Mereka termasuk di antara lima tim yang belum terkalahkan di Serie A musim ini.

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya