TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Top yang Menggunakan Nomor 10 di Lazio sebelum Zaccagni

Semuanya tampil prima

Mattia Zaccagni (legaseriea.it)

Lazio akan dipimpin kapten baru pada 2024/2025. Menyusul kepergian Ciro Immobile, ban kapten Lazio kini jatuh ke tangan Mattia Zaccagni. Zaccagni mendapat kepercayaan karena terbukti bisa diandalkan Lazio. Sejak 2021, winger 29 tahun itu konsisten menjadi bagian tim inti Biancocelesti.

Selain menjadi kapten, Zaccagni juga akan memakai nomor punggung baru di Lazio. Ia mewarisi nomor punggung 10 yang pernah menjadi milik sejumlah pemain hebat. Inilah lima pemain top yang pernah menggunakan nomor 10 di Lazio sebelum Zaccagni.

1. Roberto Mancini turut mempersembahkan scudetto terakhir Lazio

Roberto Mancini (sslazio.it)

Pertama, ada Roberto Mancini, legenda Italia yang kini menjadi pelatih. Semasa bermain, Mancini dikenal sebagai playmaker jempolan. Ia pun hampir selalu memakai nomor punggung 10 yang identik dengan posisi tersebut. Itu termasuk ketika Mancini memperkuat Lazio pada 1997–2000.

Selama 3 musim di Lazio, Mancini mengemban peran sebagai playmaker dengan apik. Ia mencatat total 24 gol dan 30 assist dalam 136 penampilan di semua ajang. Mancini juga turut mempersembahkan enam trofi bagi Biancocelesti. Itu termasuk trofi Serie A 1999/2000 alias scudetto terakhir Lazio hingga saat ini.

2. Hernan Crespo subur di Lazio, tetapi tidak bertahan lama

Hernan Crespo (x.com/OfficialSSLazio)

Setelah kepergian Mancini pada 2000, nomor punggung 10 di Lazio menjadi milik Hernan Crespo. Striker Argentina itu diboyong Lazio usai bersinar bersama Parma. Crespo pun sukses melanjutkan sinarnya setelah pindah. Ia langsung mencetak 26 gol di Serie A 2000/2001 yang berbuah gelar top scorer.

Pada 2001/2002, Crespo masih subur dengan torehan 20 gol di semua ajang. Sayangnya, itu menjadi musim terakhirnya bersama Lazio. Ia terpaksa dijual ke Inter Milan karena Lazio mulai ditimpa masalah finansial. Crespo pun meninggalkan Lazio dengan catatan 48 gol dalam 2 musim.

Baca Juga: 3 Pemain Senior yang Dilepas Lazio pada Musim Panas 2024

3. Dejan Stankovic hanya setengah musim memakai nomor punggung 10 di Lazio

Dejan Stankovic (x.com/OfficialSSLazio)

Berikutnya, ada Dejan Stankovic, gelandang Serbia yang berbaju Lazio pada 1998–2004. Stankovic menggunakan nomor punggung 20 pada awal kariernya di Lazio. Ia lalu sempat berganti memakai nomor 5 selama 2 musim. Pada 2003/2004, ia memulai musim dengan nomor baru lagi, yaitu nomor 10.

Stankovic bermain 27 kali dalam balutan seragam nomor 10 di Lazio. Ia selalu tampil sebagai starter dan sukses menyumbang 4 gol dan 6 assist bagi Lazio. Namun, Stankovic akhirnya hanya mengenakan nomor itu selama setengah musim saja. Pasalnya, ia memilih menyeberang ke Inter Milan pada paruh musim.

4. Felipe Anderson meraih satu trofi bareng Lazio saat memakai nomor 10

Felipe Anderson (x.com/F_Andersoon)

Felipe Anderson juga tak melulu memakai nomor punggun 10 di Lazio. Saat mulai membela Lazio pada 2013, ia memakai nomor 7 dalam 2 musim pertamanya. Dalam 3 musim berikutnya, barulah Felipe Anderson menggunakan nomor 10. Hasilnya, sang winger asal Brasil mampu menjalankan peran playmaker dengan apik.

Felipe Anderson dua kali membawa Lazio ke final Coppa Italia saat memakai nomor 10. Sayangnya, Biancocelesti kalah di kedua final tersebut. Satu-satunya trofi yang ia raih adalah Piala Super Italia 2017. Kini, Felipe Anderson sudah hengkang dari Lazio dan bergabung ke Palmeiras di Brasil.

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya