TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Pemain Pinjaman yang Dipermanenkan Bayern Munich, Ada 2 Nama Baru

Dua pemain meraih trofi usai dipermanenkan

Eric Dier (x.com/FCBayern)

Bayern Munich puasa gelar pada 2023/2024 lalu. Die Roten pun aktif berbenah pada bursa transfer musim panas 2024. Sejauh ini, sudah ada sedikitnya sembilan pemain baru yang merapat ke Bayern Munich. Dua di antaranya adalah pemain yang musim lalu dipinjam, yaitu Eric Dier dan Bryan Zaragoza.

Keputusan Bayern Munich mempermanenkan Dier dan Zaragoza terbilang unik. Pasalnya, Die Roten biasanya memulangkan pemain yang mereka pinjam kepada klub asalnya. Hanya empat pemain berikut ini yang pernah dipermanenkan Bayern Munich setelah dipinjam.

1. Emil Kostadinov turut membawa Bayern Munich juara Piala UEFA usai dipermanenkan

Emil Kostadinov (baju putih) beraksi pada leg kedua final Piala UEFA 1995/1996. (fcbayern.com)

Pertama, ada Emil Kostadinov, eks striker asal Bulgaria. Kostadinov pernah dipinjam Bayern Munich dari FC Porto pada Januari 1995. Periode peminjamannya saat itu hanya setengah musim hingga akhir 1994/1995. Kostadinov pun hanya sempat tampil sebelas kali selama dipinjam.

Meski demikian, Kostadinov tetap dipermanenkan Bayern Munich pada musim panas 1995. Keputusan itu ternyata terbukti tepat. Meski hanya jadi pelapis di lini depan Bayern Munich, Kostadinov cukup bersinar pada 1995/1996. Ia mencetak 6 gol dan 6 assist dalam 24 penampilan di semua ajang.

Kostadinov bahkan sukses membawa Bayern Munich memenangi Piala UEFA 1995/1996. Ia membuat 1 gol dan 1 assist pada leg kedua final melawan Girondins Bordeaux. Die Roten pun menang agregat 5-1 dan juara. Namun, Kostadinov dilepas Bayern Munich pada musim panas 1996.

2. Kingsley Coman dipinjam Bayern Munich pada 2015–2017, lalu dipermanenkan

Kingsley Coman (instagram.com/king)

Lama setelah Kostadinov, barulah ada lagi pemain pinjaman yang dipermanenkan Bayern Munich. Pemain tersebut adalah Kingsley Coman, winger asal Prancis. Coman mulanya dipinjam dari Juventus selama 2 musim pada 2015–2017. Karena tampil apik, Coman yang saat itu berusia 21 tahun pun dipermanenkan Bayern Munich.

Sejak itu, Coman terus menetap di Bayern Munich hingga sekarang. Ia sudah melakoni hampir 300 penampilan bersama Bayern Munich sejauh ini. Ada pula catatan 63 gol dan 66 assist yang ia buat. Tak heran jika kontrak terbaru Coman mengikatnya hingga 2027.

Soal trofi, Coman juga amat berprestasi di Bayern Munich. Tak kurang dari 19 gelar juara sudah ia raih. Itu termasuk trofi Liga Champions Eropa 2019/2020 yang diraih karena andil besarnya. Coman saat itu menjadi pencetak gol tunggal kemenangan Bayern Munich di final.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal Bayern Munich yang Diboyong dari EPL

3. Eric Dier menjadi bek tengah andalan Bayern Munich pada paruh kedua 2023/2024

Eric Dier (instagram.com/ericdier15)

Bayern Munich meminjam dua pemain sekaligus pada Januari 2024. Uniknya, Die Roten mempermanenkan keduanya pada musim panas 2024. Eric Dier adalah salah satunya. Dier dipinjam dari Tottenham Hotspur karena kehilangan tempat utama di skuad The Lilywhites. Uniknya, Dier justru sukses menjadi andalan di Bayern Munich.

Selama paruh kedua 2023/2024, Dier berlaga 20 kali bagi Bayern Munich. Bek tengah Inggris berusia 30 tahun itu bahkan hampir selalu tampil penuh. Tak heran jika Dier setuju untuk bergabung secara permanen ke Bayern Munich. Ia merapat tanpa biaya transfer dan diberi kontrak 1 tahun oleh Die Roten.

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya