TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Pemain Jepang yang Pindah Klub pada Musim Panas 2023, Endo Termahal

Ada yang hijrah ke MLS

Wataru Endo bergabung dengan Liverpool. (liverpoolfc.com)

Jepang adalah salah satu negara Asia dengan prestasi terbaik di dunia sepak bola. Sistem pembinaan dan kompetisi yang apik di Jepang telah sukses menghasilkan banyak pemain kelas dunia. Jejak langkah para pemain Jepang pun menarik perhatian, khususnya mereka yang bermain di Eropa.

Kepindahan para pemain Jepang pada bursa transfer musim panas 2023 pun patut disimak. Pasalnya, beberapa yang pindah klub adalah pemain yang cukup populer. Apalagi, ada yang bergabung dengan klub besar di liga top Eropa. Inilah lima pemain Jepang yang telah berganti klub pada musim panas 2023.

1. Wataru Endo jadi pemain Jepang termahal dalam sejarah EPL

Wataru Endo (instagram.com/endowataru)

Wataru Endo adalah pemain Jepang yang kepindahannya paling menyita atensi pada musim panas 2023. Pasalnya, Endo bukanlah pemain Jepang sembarangan. Ia baru saja ditunjuk jadi kapten Timnas Jepang. Selain itu, Endo juga bergabung dengan klub besar Inggris sekaligus Eropa, Liverpool.

Nilai transfer Endo dari VfB Stuttgart ke Liverpool bahkan memecahkan rekor. Ia diboyong dengan harga 20 juta euro atau Rp331 miliar. Endo pun sah menjadi pemain Jepang termahal dalam sejarah English Premier League (EPL). Rekor itu pasti membuat kiprah Endo di EPL jadi sorotan.

Baca Juga: 4 Klub yang Pernah Dibela Wataru Endo sebelum Liverpool

2. Daichi Kamada pindah dari Eintracht Frankfurt ke Lazio

Daichi Kamada (instagram.com/kamadadaichi)

Daichi Kamada juga meninggalkan klub Bundesliga Jerman pada musim panas 2023. Ia dilepas Eintracht Frankfurt secara gratis. Padahal, Kamada sebenarnya adalah pemain penting bagi Frankfurt. Pada 2022/2023, Kamada bahkan salah satu top skor Frankfurt dengan 16 gol.

Meski demikian, Kamada tetap memilih tidak memperpanjang kontraknya bersama Frankfurt. Ia pun hengkang dengan catatan 179 penampilan selama 6 tahun berbaju Frankfurt. Kamada juga turut memenangi DFB Pokal 2017/2018 Europa League 2021/2022 bareng Frankfurt.

Setelah hengkang, Kamada sempat hampir bergabung dengan AC Milan. Namun, ia akhirnya malah merapat ke sesama klub Serie A Italia, Lazio. Bersama Lazio, Kamada bisa jadi gelandang andalan baru. Ia langsung tampil sebagai starter pada laga pertama Lazio di Serie A 2023/2024.

3. Keito Nakamura pertama kali main di liga top Eropa

Keito Nakamura (instagram.com/stadedereims)

Berikutnya, ada Keito Nakamura, winger atau penyerang berusia 23 tahun. Dalam 2 musim terakhir, Nakamura membela Linzer ASK di Bundesliga Austria. Ternyata, ia tampil tajam dan menorehkan 26 gol dalam 69 laga.

Statistik itu mengantarkan Nakamura bergabung dengan klub Ligue 1 Prancis, Stade de Reims. Dengan demikian, Nakamura pun bisa bermain di liga top Eropa untuk pertama kalinya. Ia langsung diturunkan dalam dua partai awal Reims di Ligue 1 2023/2024.

4. Ayase Ueda diboyong juara bertahan Eredivisie

Ayase Ueda (instagram.com/bee18_official)

Sementara, Ayase Ueda bergabung dengan juara bertahan Eredivisie Belanda, Feyenoord. Ueda adalah striker 24 tahun yang sebelumnya berseragam Cercle Brugge. Ia menarik perhatian Feyenoord setelah mencetak 23 gol dalam 42 penampilan bersama Cercle Brugge pada 2022/2023.

Ueda tampaknya tak akan langsung jadi andalan di lini depan Feyenoord. Ia hanya tampil sebagai pemain pengganti dalam 2 pekan perdana Eredivisie 2023/2024. Namun, Ueda masih punya banyak waktu untuk membuktikan potensinya karena dikontrak hingga 2028.

Baca Juga: 4 Pewaris Terakhir Nomor Punggung 3 di Liverpool sebelum Wataru Endo

Verified Writer

Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya